5 Rekomendasi Makanan Sahur Untuk Anak Agar Kuat Berpuasa

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Jika tahun ini adalah pertama kalinya si buah hati akan ikut berpuasa, maka bunda tak perlu khawatir. Puasa akan melatih banyak hal pada anak. Diantaranya adalah perihal kesabaran dan juga mengajarkan anak tentang pentingnya puasa bagi seorang muslim. Nantinya, saat terbiasa melihat keluarga dan sekelilingnya, ia akan mulai belajar dan terbiasa.

Untuk anak bunda yang baru pertama kali puasa, godaan berat pertama tentunya adalah rasa lapar di siang bolong. Oleh karena itu, penting bagi bunda untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi saat sahur. Terlebih jika si kecil sedang dalam masa pertumbuhan.

Berikanlah asupan gizi yang seimbang, karena apa yang ia konsumsi saat sahur akan membantunya agar tetap semangat berpuasa dan beraktivitas di sepanjang hari.

Berikut 5 makanan yang bisa dikonsumsi anak saat sahur agar ia tetap semangat:

1. Sayur dan Buah-Buahan

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah sangat penting untuk menjaga anak agar tetap sehat dan semangat dalam beraktivitas. Selain itu, kandungan tersebut juga akan membantu metabolisme anak agar lebih sehat.

Agar dia tak bosan, bunda bisa variasika buah dan sayur setiap harinya. Atau bunda bisa tanyakan langsung pada si anak menu sayur dan buah apa yang ingin ia makan pada saat sahur. Tujuannya agar ia lebih semangat dan senang saat mengonsumsinya.

2. Protein

Protein sangat penting untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh si buah hati sehingga ia tak akan mudah sakit dan lemas saat berpuasa.

Bunda bisa memberikan ia ayam, telur, tempe atau kacang-kacangan yang diolah menjadi makanan kesukaannya.

3. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Untuk si buah hati, bunda bisa memilih karborhidrat kompleks. Karena kandungan tersebut akan lebih lama dicerna oleh tubuh sehingga ia akan merasa kenyang lebih lama.

Nasi merah, oatmel, sereal, roti gandum atau kentang merupakan karbohidrat kompleks yang bisa bunda sajikan untuknya.

4. Air mineral

Sepanjang berpuasa, tubuh akan kekurangan cairan, untuk itu ada baiknya penuhi kebutuhan carian dalam tubuh si anak dengan meminum air mineral. Usahakan anak minum air mineral saat sahur ya bunda. Agari ia tak lemas saat berpuasa.

5. Madu

Seperti kita tahu, madu memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia, mulai dari anak bayi sampai orang tua. Selain keempat asupan di atas, bunda juga bisa memberikan madu sebagai suplemen bagi si anak. Madu juga bisa menjadi sumber energi untuk anak agar tetap kuat berpuasa seharian.

Sekian 5 makanan yang bisa membuat si buah hati kuat berpuasa dan bisa tetap beraktifitas dengan semangat. Selamat mencoba bunda.

 

Leave a Comment