HUT Jakarta, Nostalgia dengan 7 Makanan Khas Betawi yang Legendaris

asinan betawi asinan betawi (foto: fimela.com)

Muslimahdaily - Setiap daerah pasti memiliki makanan khasnya masing-masing, tak terkecuali DKI Jakarta. Ibu kota yang sangat kental dengan Suku Betawi ini memiliki banyak sekali makanan legendaris. Beberapa diantaranya adalah kerak telor, roti buaya, jengkol, hingga soto Betawi.

Makanan khas betawi bisa menjadi pilihanmu ketika berkunjung ke Jakarta. Menimati indahnya kota Jakarta sambil bernostalgia.

Sebagai rekomendasi, berikut 7 makanan khas betawi yang legendaris. Dilansir dari laman Dolan Yok:

1. Kerak Telor

Makanan ikonik yang satu ini pasti tidak asing lagi didengar. Terbuat dari bahan-bahan sederhana yaitu telur ayam atau bebek, bawang goreng, ebi, beras ketan, dan kelapa halus yang sudah di sangrai. Cara pembuatannya pun sangat unik. Telur yang telah dicampur dengan beras ketan dipanggang hingga mengerak. Setelah itu, balik bersama panci menghadap ke api.

Sehingga kerak telor memiliki rasa yang lezat dan nikmat. Tak heran, apabila kerak telor menjadi makanan favorit warga Jakarta.

2. Roti Buaya

Jangan salah paham ketika mendengar nama roti buaya. Roti ini hanya memiliki bentuk seperti buaya saja kok. Biasanya kamu akan menemukan roti ini di acara pernikahan.

Dipercaya bahwa roti buaya merupakan simbol kesetiaan yang diberikan oleh pengantin laki-laki kepada pengantin perempuan. Gimana, sudah penasaran dengan rasanya?

3. Semur Jengkol

Makanan khas Betawi selanjutnya yaitu semur jengkol. Mungkin hal pertama yang kamu bayangkan adalah baunya yang cukup menyengat. Namun, tak perlu khawatir lagi karena makanan ini memiliki rasa yang enak dan lezat setelah dimasak dengan cara yang benar.

4. Asinan Betawi

Asinan betawi tergolong makanan sehat yang bisa dikonsumsi. Terdiri dari bahan dasar sayur-sayuran seperti kol, sawi, tahu putih, selada, dan toge yang disiram dengan saus kacang. Tak lupa untuk ditambah brambang goreng di atasnya. Dilengkapi pula dengan kerupuk dan sambal bagi pecinta pedas.

5. Kue Cucur

Beralih ke jajanan unik yaitu kue cucur. Kue yang satu ini berbahan dasar tepung beras yang dimasak dengan cara digoreng menggunakan cetakan. Memiliki rasa yang manis dengan tekstur sedikit keras. Kamu bisa membeli kue cucur di pasar-pasar saat pagi hari.

6. Putu Mayang

Satu lagi olahan kue menarik yang bisa kamu coba yaitu putu mayang. Kue dengan variasi warna cantik ini terbuat dari tepung beras atau kanji dan berbentuk seperti mie. Dilengkapi dengan kinca, santan, atau gula jawa yang cair. Tak perlu khawatir, karena putu mayang biasanya dibuat dari pewarna alami. Sehingga masih aman untuk kamu konsumsi.

7. Soto Betawi

Terakhir, ada soto betawi. Mungkin soto merupakan salah satu makanan yang sudah sering kamu coba. Tapi, kali ini kamu harus menikmati lezatnya Soto Betawi.

Makanan legendaris yang terdiri dari isian jeroan, daging sapi, atau daging ayam. Dilengkapi pula dengan kuah santan yang sangat menggiurkan.

Soto Betawi tak hanya menjadi makanan favorit warga Jakarta saja. Kini, sudah banyak ditemukan di kota-kota lain. Gimana, masih ragu untuk mencoba makanan yang satu ini?

Selamat mencoba!

 

Leave a Comment