6 Makanan Ini Dapat Membuat Kulit Menjadi Glowing Tanpa Skincare

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Siapa sih yang tidak mau memiliki kulit glowing dan bebas jerawat secara alami tanpa perlu skincare atau makeup? Semua pasti mendamba-dambakannya.

Sahabat Muslimah, untuk mendapatkan semua itu tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra lagi karena bisa didapatkan dari beberapa makanan yang biasa kita konsumsi.

Penasaran apa saja makanannya? Berikut 6 makanan yang dapat membuat kulit menjadi cerah tanpa skincare ala Youtuber Elaine Hanafi.

1. Sayur-Sayuran

Sayur ini mengandung fiber yang bertugas untuk memaksimalkan nutrisi yang nantinya akan diantarkan ke seluruh sel salah satunya kulit. Ketika usus tidak mendapatkan fiber yang cukup maka tidak akan berfungsi dengan baik. Selain fiber, dalam sayur juga terdapat banyak kandungan vitamin.

2. Karbo Kompleks

Buah, sayur, roti gandum termasuk ke dalam makanan mengandung karbo kompleks. Karbo kompleks dapat meningkatkan fiber intake dalam tubuh kita terutama usus.

Ketika usus mendapatkan asupan fiber yang cukup, ia akan mengontrol hormon insulin kita. Jika hormon insulin tak terkontrol maka akan menyebabkan inflamasi termasuk di kulit. Produksi sebum juga akan berlebih dan menyebabkan kulit dehidrasi tetapi berminyak.

3. Protein Nabati

Makanan dengan protein nabati seperti tahu, tempe, kacang-kacangan sangat bagus dan tentunya jangan dikonsumsi dengan digoreng menggunakan minyak. Tahu dan tempe mengandung isoflavon yang menjaga elastisitas dan kadar hidrasi di kulit.

4. Buah-Buahan

Buah Low GI atau buah dengan kadar gula yang rendah seperti stroberi, kiwi, jeruk jauh lebih bagus dibanding buah dengan kadar gula yang tinggi. Konsumsi gula dengan kadar yang berlebih dapat menyebabkan jerawat di kulit.

5. Healthy Fat (Lemak Baik)

Lemak baik mencegah kulit kita untuk kering dan juga menjaga kadar air. Asam lemak omega 3 yang terkandung di lemak baik bisa memberi nutrisi ke kulit kita dan memberikan glowing ke kulit dari dalam tubuh.

Selain alpukat, kacang-kacangan, oatmeal, dan chia seed juga mengandung healthy fat yang banyak yang bisa menurunkan kadar kolesterol di darah.

6. Makanan Fermentasi

Produk fermentasi sangat bagus untuk tubuh kita karena ia mengandung bakteri-bakteri baik yang mempermudah kinerja usus. Contoh produk fermentasi adalah yoghurt. Tapi jangan pilih yoghurt dengan kandungan gula yang tinggi, pilihlah yoghurt dengan rasa plain dan kandungan gula rendah.

Itu dia 6 makanan yang bisa membuat kulitmu glowing dari dalam. Tetapi sebagai catatan, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan memang tidak secepat itu, biasanya butuh minimal satu bulan tetapi itu pun tergantung masing-masing orang.

Jika kamu memiliki usus yang memang sudah tidak terlalu sehat, maka proses akan lebih lama dari biasanya. Untuk informasi selengkapnya, kalian bisa langsung tonton video dari Youtuber Elaine Hanafi di bawah ini. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Comment