Catat! Ini 7 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesuburan

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Kesuburan menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan baik untuk laki-laki maupun perempuan. Oleh karena itu penting untuk menjaga gaya hidup, seperti menghindari alkohol, tidak aktif atau perokok pasif, mengontrol berat badan ideal, berolahraga cukup teratur, menghindari pekerjaan dengan bahan kimia, dan mengonsumsi makanan yang membantu kesuburan.

Berikut 8 makanan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan karena kandungan gizi yang dimilikinya.

1. Berries

Terdapat beberapa jenis buah yang masuk dalam kategori berries ini. Ada cranberry, strawberry, blueberry dan raspberry. Kandungan vitamin C dan folat di dalamnya dapat membantu perkembangan janin. Selain itu terdapat juga anti inflamasi dan fitronutiennya yang bisa menyehatkan tubuh khususnya organ reproduksi.

2. Ubi

Ubi dikenal kaya akan beta karoten dan vitamin A, ubi jalar membantu memperkuat dan melindungi dinding rahim. Beta karoten dan vitamin A telah dipercaya memiliki efek langsung pada kesuburan dan reproduksi.

Nutrisi yang ditemukan dalam ubi jalar juga membantu produksi hormon seks dan sering direkomendasikan untuk wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS).

3. Makanan kaya probiotik

Makanan kaya probiotik merupakan makanan fermentasi seperti kimchi dan yogurt. Makanan ini baik untuk lebih dari sekedar usus kamu. Mereka juga bisa menyeimbangkan tingkat pH dan membantu menangkal infeksi.

Budaya hidup dan aktif dalam makanan ini memberi tubuh kita dorongan bakteri baik, yang sangat membantu dalam mencegah infeksi jamur. Lebih baik lagi, kalsium (banyak terdapat dalam yogurt) telah terbukti bisa mengatasi gejala PMS.

4. Lemak nabati untuk dorongan seks

Lemak nabati berupa Asam lemak omega-3 dapat membantu sirkulasi dan aliran darah, yang baik untuk gairah seks kamu. Asam lemak esensial ini, serta asam lemak esensial lain yang ditemukan dalam minyak seabuckthorn, seperti palmitoleat, linoleat, oleat, dan palmitat, ditunjukkan dalam studi tahun 2014 dapat membantu mengatasi kekeringan vagina pada wanita pascamenopause.

Asam lemak esensial ini terdapat pada ikan berminyak (seperti salmon), biji rami, telur, kenari.

5. Kedelai

Pilihlah produk kedelai yang diproses secara minimal seperti edamame, tahu, tempe, dan miso.Kedelai mengandung fitoestrogen yang bermanfaat bagi wanita dengan penurunan kadar estrogen. Kedelai jua dapat membantu mengatasi kekeringan vagina dan bermanfaat bagi kesehatan kulit dan pembuluh darah pada wanita pascamenopause

6. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat, vitamin B-6, dan kalium - yang semuanya memiliki efek positif pada libido kamu. Buah ini dipercaya dapat meningkatkan pelumasan dan kadar estrogen. Dan mampu memperkuat dinding vagina.

7. Sayuran hijau

Sayuran hijau dapat memurnikan darah dan meningkatkan sirkulasi karena banyak nutrisinya, termasuk nitrat makanan. Ini dapat membantu mencegah kekeringan vagina dan meningkatkan rangsangan.

Sayuran hijau ini juga kaya vitamin E, magnesium, dan kalsium, yang semuanya bermanfaat untuk kesehatan otot - termasuk otot vagina.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment