5 Kuliner di Kota Solo yang Paling Murah dan Dicari saat Ke Jawa Tengah

Gudeg Ceker Bu Kasno Gudeg Ceker Bu Kasno ( Foto: Kompas/Muhammad Irzal Adiakurnia )

Muslimahdaily - Kota Solo merupakan kota yang terkenal dengan beragam kulinernya yang lezat dan murah, banyaknya pilihan kuliner yang disajikan membuat kota ini dikenal menjadi tempat wisata kuliner yang paling dicari ketika menjelajahi Jawa Tengah.

Kota Surakarta yang dikenal dengan nama Solo dan merupakan kampung halaman Presiden Jokowi ini juga dikenal memiliki kuliner dengan harga terjangkau bagi semua kalangan, terutama mahasiswa. Dilansir dari Solo Pos, biaya hidup di Kota Bengawan (khususnya mahasiswa) rata-rata mencapai Rp41.000 per hari dengan harga tiap porsi makanan yang dimulai dari Rp7.000

Sahabat Muslimah penasaran engga sih, dengan harga segitu, makanan apa saja yang kira-kira bisa dibeli saat berkunjung ke Jawa Tengah ya? Yuk simak rangkuman MuslimahDaily mengenai 5 makanan wajib coba paling murah dan dicari di Kota Solo dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

1. Gudeg Ceker Bu Kasno

Dilansir dari AnekaWisata, menu andalan yang membuat gudeg ini berbeda dengan gudeg lainnya adalah cekernya. Terletak di Jl. Wolter Mongensidi, gudeg Bu Kasno buka setiap pukul 01.30 hingga 05.30 WIB dan selalu ramai oleh pengunjung. Cara asyik untuk menikmati gudeg ini, Sahabat Muslimah bisa memilih untuk makan di bangku atau lesehan saja, keduanya tersedia.

Usahakan datang lebih awal agar tidak kehabisan, ya!

2. Serabi Notosuman

Kalau Gudeg Bu Kasno tadi tersedia di waktu pagi, kali ini menu cocok untuk sore hari, serabi notosuman menyediakan serabi khas Solo yang berlokasi di Jl. Moh. Yamin No. 28. ini berbeda dengan serabi Bandung. Serabis Notosuman Khas Solo disajikan tidak menggunakan kuah, dan rasanya pun hanya ada dua yaitu original dan cokelat.

Jajanan yang terbuat dari tepung beras ini lebih enak disantap saat sedang hangat-hangatnya, apalagi di musim penghujan, maknyus!

3. Sosis Naga Widuran

Meskipun terdengar biasa saja, sebenarnya sosis ini disajikan dengan bumbu khusus, lho. Tempat makannya pun lesehan dengan menggunakan tikar, rasanya pasti sedap sambil memandangi kota Solo di malam hari. Sensasi pedasnya yang terdiri dari berbagai level membuat sosis ini juga berbeda dari sosis lainnya yang dijual di pasaran. Rasa yang disediakan pun berbagai macam, ada rasa udang, ayam, pizza, dan lainnya.

4. Tengkleng Bu Edi

Tengkleng yang terbuat dari tulang kambing ini sangat populer dan menjadi menu andalan masyarakat Solo. Rasanya yang segar, asam, dan gurih menjadi cita rasa khas Tengkleng Bu Edi ini. Dimasak dengan dua cara, pembeli dapat memilih untuk memakai santan atau tidak.

Tengkleng yang dijual Ibu Edi ini dapat habis dalam waktu 3 jam setelah buka, jadi untuk Sahabat Muslimah yang berminat mencoba, segera antri di tempat sebelum jam 1 siang ya!

5. Es Krim Tentrem

Nah kalau tadi sudah bahas makanan yang berat-berat, saatnya penyegar dahaga dan makanan siap santap setelah mengunyah yang asin-asin. Sahabat Muslimah bisa mencoba Es Krim Tentrem khas Solo ini nih!

Es Krim ini homemade, lho. Tidak ada bahan pengawet yang pastinya diproduksi dengan aman. Tak hanya itu, Es Krim ini sudah populer di Solo sejak tahun 1952, wah sudah pasti rasanya legendaris banget nih! Seperti beberapa menu andalannya, tutti fruitty, coffee, robin rose dan rainbow.

Nah itu tadi daftar 5 kuliner wajib coba yang terbilang murah meriah dan sering dicari di Solo. Enak-enak ya, serasa ingin pergi ke Solo saat ini juga!

Leave a Comment