Lima Jajanan Khas Bulan Ramadhan

Es Cincau Hitam Es Cincau Hitam (Foto : Irna/Muslimahdaily.com)

Muslimahdaily - Salah satu momen di Bulan Ramadhan yang selalu dinantikan umat muslim di Indonesia adalah momen ngabuburit hingga berbuka puasa. Karena dihuni oleh mayoritas penduduk beragama Islam, maka tak heran jika Ramadhan memiliki tradisi dan budaya sendiri bagi masyakarat Indonesia dan ngabuburit adalah salah satunya.

Ngabuburit adalah mengisi waktu di sore hari sambil menantikan adzan Maghrib. Biasanya, selain diisi dengan aktivitas keagaamaan, cara lainnya adalah dengan mencari makanan berbuka. Dan inilah jajajan yang paling populer di Bulan Ramadhan.

1. Gorengan
Siapa yang tidak suka dengan gorengan? Item gorengan ini bermacam-macam, seperti tahu, tempe, bakwan, ubi, dan lainnya yang tentu cara masaknya digoreng. Gorengan akan selalu diburu setiap kali menjelang berbuka. Selain karena gurih, gorengan cukup mengenyangkan setelah seharian berbuka. Tapi, jangan terlalu sering, karena makanan berminyak seperti ini tidak baik untuk kesehatan.

2. Kolak
Jajanan kedua yang paling laris di Bulan Ramadhan adalah kolak. Rasanya yang manis sangat pas dikonsumsi saat berbuka untuk mengembalikan enerji. Ada kolak pisang, kolak ubi, dan juga kolak singkong. Hampir di semua sudut jalan, kita bisa menemukan kolak.

3. Es Buah
Jajanan lain yang paling diburu masyarakat Indonesia saat Bulan Ramadhan adalah es buah. Siapa yang tidak suka rasa segar dan manis dari perpaduan buah, sirup, susu, dan es ini? Es buah juga sering dikreasikan menjadi sop buah dengan ragam buah yang lebih variatif.

4. Biji Salak
Biji salak rasa kuahnya memang manis mirip kolak. Namun isinya berbeda. Biji salak adalah adonan yang terbuat dari ubi dan tepung terigu. Teksturnya yang kenyal membuatnya sangat asyik untuk dinikmati.

5. Kurma
Buah yang satu ini punya rasa manis yang sehat. Berbuka puasa dengan kurma juga menjadi salah satu yang disunahkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi Wassalam. Di bulan puasa rasanya ada yang kurang jika tanpa kurma.

Leave a Comment