Resep 'Rice Bowl' Ayam Popcorn yang Enak dan Mudah Dibuat

Ilustrasi rice bowl Ilustrasi rice bowl

Muslimahdaily - Akhir-akhir ini menu rice bowl tengah banyak diminati para pengguna sosial media. Racikan nasi lengkap  dengan lauknya kini tengah digemari. Selain praktis menu kekinian yang satu ini juga mudah untuk dibuat.

Sesuai dengan namanya, ‘rice bowl’ terdiri dari nasi yang diberi aneka lauk sebagai toppingnya. Seperti ayam, telur, daging, ikan serta sayuran. Pilihan dan variasinya sesuai dengan selera. Seiring berjalannya waktu variasi rice bowl makin beragam, ada yang diberi saus telur asin, sambal matah hingga beragam saus khas Asia.

Menu makanan satu ini kerap kali dijual di restoran bahkan coffee shop karena makanan ini cukup mudah dibuat. Kali ini, Muslimahdaily akan membagikan resep membuat rice bowl ayam popcorn sambal matah yang enak dan mudah dibuat.

Resep rice bowl ayam sambal matah

Bahan

- 4 porsi nasi putih

Bahan ayam popcorn

- 3 cangkir tepung terigu

- 2 sdt bawang putih bubuk

- ½ sdt garam

- ¼ sdt lada hitam bubuk

- 2 butir telur

- 2 sdm air perasan lemon

- 2 dada ayam tanpa tulang, potong dadu

- Minyak untuk menggoreng secukupnya

Bahan sambal matah

- 10 lembar daun jeruk

- 100 gram bawang merah

- 200 gram cabai rawit merah

- 100 gram cabai rawit hijau

- 7 batang serai, ambil tengahnya

- 50 gram kecombrang

- 150 ml minyak kelapa

- Terasi, kaldu bubuk, garam dan lada secukupnya.

Cara membuat rice bowl ayam sambal matah

1. Masak ayam popcorn, campur tepung terigu, bubuk bawang putih, garam dan lada hitam dalam satu mangkuk. Pada mangkuk terpisah, kocok telur dan perasan air lemon.

2. Celupkan potongan ayam ke dalam adonan tepung, lalu adonan telur, dan ulangi lagi ke adonan tepung. Lakukan sampai semua potongan ayam habis.

3. Kemudian panaskan minyak menggunakan api sedang. Goreng ayam yang sudah dilumuri tepung hingga berwarna cokelat keemasan, sekitar delapan menit. Angkat dari minyak dan tiriskan. Ulangi sampai ayam habis.

4. Untuk membuat sambal matahnya, potong tipis semua bahan, lalu masukkan ke dalam mangkuk.

5. lalu, panaskan minyak kelapa dan masak terasi sampai matang. Tuang semua bahan yang sudah diiris-iris ke dalamnya.

6. Kemudian, bumbui dengan lada bubuk, garam, kaldu, aduk sampai rata. Sisihkan.

7. Setelah sambal matah selesai. Racik rice bowl ayam sambal matah. Bagi nasi menjadi empat mangkuk, kemudian tuang beberapa potongan ayam popcorn di atasnya.

8. Terakhir, tuang sambal matah yang sudah dimasak di atas ayam dan nasi. Rice bowl ayam sambal matah sudah siap dihidangkan.

Nah Sahabat Muslimah, itu tadi resep rice bowl ayam sambal matah yang enak serta mudah dibuat. Untuk kamu yang penasaran, selamat mencoba!

Leave a Comment