Enak & Murah! Ini Rekomendasi 7 Takjil Paling Populer di Bulan Ramadhan

Es Buah Es Buah ( Foto: topwisata )

Muslimahdaily - Buka puasa merupakan waktu yang paling ditunggu-tunggu selama bulan Ramadhan, hal ini dikarenakan di waktu tersebut umat Muslim sudah diperbolehkan untuk menikmati aneka makanan dan minuman yang telah dibeli atau dihidangkan.

Beraneka ragamnya menu takjil membuat orang bingung untuk memilih menu takjil mana yang ingin dibeli. Akan tetapi, ada beberapa menu takjil yang selalu diminati oleh para pemburu takjil.

Jika kamu bingung untuk memilih menu takjil yang ingin disantap saat berbuka, simak 7 takjil paling populer di bulan Ramadhan.

1. Kolak

Kolak kerap menjadi takjil yang banyak dicari selama bulan Ramadhan. Kolak biasanya terbuat dari campuran santan dan buah seperti pisang, salak, labu, kurma, ubi hingga kolang-kaling.

Walaupun terdapat banyak jenis isian kolak, kolak pisang tetap menjadi menu takjil yang paling banyak dijual di mana pun. Selain karena rasanya yang manis, kuah dari kolak pisang ini sangat segar dan dapat mengganjal perut sebelum menyantap makanan besar.

2. Es pisang ijo

Masih menu yang berkaitan dengan pisang, es pisang ijo juga dapat menjadi menu takjil saat berbuka puasa. Salah satu sajian khas dari kota Makassar ini terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau.

Adonan tersebut dibuat dari campuran tepung, air, dan pewarna hijau alami yang berasal dari daun pandan dan daun suji.

Es pisang ijo juga disajikan menggunakan tambahan sirup berwarna merah dilengkapi dengan bubur sumsum. Kombinasi warna dan rasa yang sangat menggoda bagi para pemburu takjil, nih!

3. Sop buah

Bagi kamu pecinta buah-buahan, sop buah bisa menjadi minuman segar saat berbuka puasa. Sop buah merupakan minuman yang paling sering dijual di mana pun. Sesuai namanya sop buah berisi aneka buah pilihan yang manis dan segar.

Biasanya terdapat isian buah naga, buah nangka, buah mangga, buah alpukat hingga buah melon. Selain itu, tak jarang juga ada penjual yang menyajikan sop buah dengan isi berupa jus buah dan diberi susu kental manis sebagai pemanisnya.

4. Es kelapa

Es kelapa muda atau juga dikenal sebagai es degan merupakan salah satu minuman segar yang banyak digemari oleh orang-orang. Es kelapa muda sangat identik dengan bulan Ramadhan karena minuman ini dianggap sebagai minuman yang paling ampuh untuk melepaskan dahaga.

Minuman es kelapa muda ini juga dapat dikreasikan dengan berbagai macam tambahan seperti sirup, nata de coco, gula aren, madu bahkan susu kental manis.

5. Gorengan

Beralih dari minuman, gorengan juga menjadi menu takjil yang wajib ada saat berbuka puasa bagi sebagian besar orang. Selain karena harganya yang murah, gorengan juga sangat mudah ditemukan. Biasanya gorengan yang paling banyak diminati adalah bakwan, tahu isi, tempe, cireng, serta pisang goreng.

6. Risoles

Risoles merupakan pastri berisi daging dan sayuran yang dibungkus dadar, lalu digoreng setelah dilapisi tepung roti dan kocokan telur ayam.

Selain risoles sayur, risoles juga dapat ditambahkan mayones sebagai isiannya. Sangat cocok untuk kamu yang suka cemilan saat berbuka.

7. Pempek palembang

Pasti sudah tidak asing lagi dengan menu takjil yang satu ini, yap pempek. Pempek merupakan makanan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dan tepung kanji. Biasanya pempek disajikan dengan cuko yang kental dan pedas, dan ditambahkan irisan mentimun sebagai pelengkapnya.

Itulah 7 takjil paling populer di bulan ramadhan, gimana sudah tidak bingung mencari menu takjil untuk berbuka puasa, kan? Jangan lupa untuk senantiasa melafalkan doa buka puasa yang benar juga ya, Sahabat Muslimah.

Leave a Comment