Masya Allah, Inilah 3 Menu Favorit Nabi Muhammad Untuk Buka Puasa

kurma kurma

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, bulan Ramadan memang menjadi bulan yang sangat dinantikan oleh umat Muslim di seluruh penjuru dunia. Pasalnya, pada bulan suci ini tiap amal perbuatan diganjar pahala yang berlipat ganda.

Menjalankan ibadah puasa dan shalat terawih merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan saat bulan Ramadan. Nah, momen yang tidak boleh terlewatkan saat berpuasa yaitu waktu sahur dan berbuka puasa.

Berkaitan dengan buka puasa, Rasulullah menyampaikan beberapa pesan. Salah satunya dengan mempercepat berbuka puasa.

Kemudian, Rasul berkata makanan terbaik untuk berbuka puasa ialah kurma. Bila tidak ada kurma maka berbukalah dengan air putih. Adapun ragam jenis makanan serta minuman lain sebaiknya dikonsumsi setelah memakan kurma dan air.

Sementara itu, masyarakat Indonesia gemar sekali berbuka dengan gorengan, teh manis, dan jajanan lainnya. Lalu, bagaimana dengan hidangan kesukaan Rasulullah saat berbuka?

Rasul menyukai makanan yang kaya akan nutrisi dan punya segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Menu buka puasa ala Rasul bisa kamu lakukan di rumah, nih Sahabat Muslimah. Enggak hanya dapat sehatnya aja bahkan pahalanya pun pasti diperoleh.

Nah, sahabat sudah penasaran kan seperti apa menu favorit yang dihidangkan Rasulullah ketika berbuka puasa? Berikut ini 3 menu yang sudah diurutkan sesuai dengan makanan yang disukai Rasul, disajikan khusus untuk sahabat Muslimah.

1. Kurma

Menu yang pertama ini tumbuh subur di daerah timur tengah. Tak hanya menjadi menu favorit, kurma sangat dianjurkan oleh Rasul untuk dikonsumsi saat buka puasa.

Menurut hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Tirmidzi, Rasulullah biasa berbuka puasa dengan kurma segar sebelum shalat magrib. Bila tidak ada, beliau mengonsumsi kurma kering. Jika enggak ada juga, Rasul akan meneguk air putih untuk berbuka puasa.

Tahu gak sih? Kurma mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Dalam penyajian 100 gr biji kurma, nutrisi yang akan diperoleh antara lain kalori, karbohidrat, protein, serat, magnesium, kalium, vitamin B6, dan masih banyak lagi. Tentunya, kandungan tersebut cukup untuk memberikan energi bagi tubuh.

2. Buah-buahan

Selain memakan kurma, buah penting untuk disajikan ketika berbuka puasa. Buah yang dikonsumsi Nabi antara lain seperti buah delima, buah tin, anggur dan zaitun.

Delima, buah yang mudah ditemukan di Indonesia sangat disukai Rasul. Buah surga ini memiliki biji yang sangat kecil namun kandungannya tinggi serat, protein, vitamin C, vitamin K, folat, kalium, dan gula alami. Terlebih lagi, dalam sebuah penelitian menyebut buah delima bisa mengurangi tekanan darah (hipertensi), lho.

Tin ialah buah surga tanpa biji yang amat disukai Rasul. Buah ini memiliki sumber mineral, vitamin, antioksidan yang baik bagi tubuh. Menu buah tin berkhasiat mengobati sembelit dan lambung.

Rasa buah anggur yang manis dan menyegarkan sudah pasti disukai oleh banyak orang. Ternyata Nabi juga termasuk yang gemar mengonsumsi anggur. Buah ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi.

Buah zaitun mempunyai manfaat yang luar biasa untuk mengobati segala jenis penyakit. Rasul menganjurkan umatnya untuk mengonsumsi zaitun, baik itu buahnya ataupun minyaknya. Di Indonesia sendiri, buah ini sangat dikenal dengan minyaknya yang mana membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.

3. Susu

Susu, Minuman favorit Nabi setelah air putih. Rasul termasuk ke dalam penggemar susu kambing. Segelas susu mengandung vitamin, protein, dan kalsium yang mana menjadi pilihan terbaik untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

Nah, itulah menu favorit yang dihidangkan Rasul ketika berbuka puasa. Ketiga menu tadi cocok untuk kamu jadikan referensi makanan buka puasa nanti, nih. Selamat mencoba.

Leave a Comment