7 Hidangan Nikmat yang Wajib Ada saat Hari Raya

Ilustrasi ketupat dan opor ayam Ilustrasi ketupat dan opor ayam ( Foto: shutterstock via Tempo )

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, enggak terasa, kita akan meyambut datangnya Lebaran dalam hitungan hari. Sudahkah kamu memikirkan kira-kira menu makanan apa aja yang wajib disajikan saat hari Idul Fitri nanti?

Memang tiap Lebaran, masyarakat Indonesia begitu antusias menyambut hari suci ini. Nah menjelang Lebaran tiba, masyarakat biasanya menyibukkan diri dengan mempersiapkan berbagai keperluan. Selain membeli baju, masyarakat juga mengolah berbagai jenis makanan Lebaran khas Indonesia.

Kudapan yang sering kali ditemukan yaitu aneka kue kering. Namun kue kering saja sepertinya kurang cukup mengenyangkan perut, makanya ada makanan yang tidak boleh ketinggalan dalam sajian hari Raya Fitri.

Berikut ini terdapat 7 makanan enak nan lezat rekomendasi Muslimahdaily, yang wajib kamu sajikan saat Lebaran nanti.

1. Ketupat sayur

Lebaran sangat identik sekali dengan menu makanan pertama ini. Ketupat menjadi makanan wajib disajikan di atas meja makan saat Idul Fitri. Ketupat sayur lebih nikmat bila disantap dengan opor ayam. Wah super mantab!

2. Rendang

Makanan khas Sumatera Barat ini sudah pasti menjadi menu andalan tiap keluarga Indonesia. Rasa rempah-rempah yang sangat kuat dalam menu rendang ini disebut masuk ke dalam daftar makanan terenak se-dunia. Menu rendang jangan sampai terlewatkan untuk disajikan di atas meja makan nanti, ya.

3. Opor ayam

Makan ketupat, rasanya enggak akan lengkap tanpa menu opor ayam. Sebetulnya tidak khusus hari Lebaran saja, opor ayam juga sudah sering dikonsumsi sehari-hari. Opor ayam merupakan makanan berkuah kuning dengan bahan dasar santan dan tentunya terdapat potongan daging ayam didalamnya.

4. Sambal kentang ati pete

Waduh, kayaknya makan tanpa sambal kurang nikmat banget, ya Sahabat Muslimah. Makanya, menu keempat ini harus kamu sajikan saat Idul Fitri nanti. Komposisi dari sambal ini dibuat dari kentang dan ati yang dipotong dadu serta ditambahkan pete supaya rasanya semakin sedap.

5. Semur tahu tempe

Umumnya, kuah semur tempe berwarna coklat kehitaman pekat. Adapun bahan-bahanya ialah tempe, tahu, bawang merah, bawang putih, kecap, dan lain seterusnya. Perpaduan antara rasa manis dan gurih cocok banget buat pecinta kedua rasa ini.

6. Telur balado

Bagi kamu yang kurang suka menu sambal kentang ati pete, bisa menyajikan telur balado sebagai alternatifnya. Rasa pedasnya dijamin enggak kalah enaknya dengan sambal kentang ati pete, kok. Rahasia dari kelezatan telur balado berada di tingkat kepedasannya, semakin dominan sambalnya tentu semakin nikmat cita rasanya.

7. Ayam goreng serundeng

Enggak dapat dipungkiri, hampir semua orang suka dengan ayam. Daging ayam yang mudah diolah serta rasa gurihnya emang udah enggak perlu diraguin lagi, deh. Terlebih lagi, menu ayam serundeng ini. Potongan daging ayam yang empuk ditaburi dengan gurihnya serundeng akan membuatmu ketagihan saat menyantap di hari Raya nanti.

Itulah 7 rekomendasi yang bisa kamu jadikan referensi untuk sajian di hari Idul Fitri nanti. Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin ya sahabat Muslimah. Selamat hari raya Idul Fitri 1442 H.

Leave a Comment