Dapat Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental, Yuk Kenali Manfaat Teh Chamomile

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Pernahkah anda mendengar jenis teh chamomile? Teh berbahan dasar chamomile ini sering dijadikan obat herbal karena dapat menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Chamomile sendiri merupakan ramuan yang berasal dari bunga aster. Banyak yang lebih memilih untuk mengkonsumsi teh chamomile sebagai alternatif pengganti teh hijau biasa karena chamomile bebas dari kafein namun rasanya tetap menyegarkan dan manis.

Dilansir dari alodokter.com, Teh ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta mengandung flavonoid, coumarin, polyacetylenes yang merupakan senyawa-senyawa yang dapat berfungsi sebagai obat. Sehingga tidak heran jika teh ini memiliki khasiat yang banyak tidak hanya bagi kesehatan fisik namun juga terhadap kesehatan mental. Simak selengkapnya manfaat dari teh chamomile.

1.Menurunkan kadar gula darah

Mengkonsumsi teh chamomile mampu untuk menurunkan kadar gula darah, terutama bisa bermanfaat bagi penderita diabetes. Hal ini disebabkan karena ketika gula darah meningkat, kandungan di dalam teh ini memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mencegah kerusakaan sel-sel pankreas.

2.Meringankan nyeri perut Ketika menstruasi

Bagi para wanita, rasa nyeri di perut ketika haid merupakan hal yang sering terjadi. Sehingga banyak yang mencari obat untuk dapat meredakan rasa nyeri tersebut. Teh chamomile merupakan salah satu alternatifnya. Menurut sebuah penelitian, dengan meminum teh chamomile maka hal tersebut dapat mengurangi rasa nyeri atau kram otot saat menstruasi karena kadar glisin yang dikandungnya.

3. Membantu tidur agar lebih nyenyak serta Mengatatasi kecemasan

Tidur yang cukup dan nyenyak merupakan hal yang penting bagi Kesehatan fisik dan mental. Namun terkadang banyak orang yang kerap kesulitan untuk tidur karena satu dan lain hal. Salah satu yang dapat menganggu tidur yaitu karena rasa cemas berlebih. Untuk mengatasi hal tersebut, Teh chamomile dapat membantu karena terdapat zat flavonoid yang akan memberikan efek menenangkan bagi tubuh dan membuat kita mengantuk.

Terlebih lagi, senyawa yang terdapat di teh chamomile dapat meningkatkan kadar asam gamma-aminobutyric (GABA) di otak yang dapat berperan dalam menyeimbangkan gangguan pada kecemasan. Anda dapat mencoba nya dengan meminum segelas teh chamomile hangat di malam hari.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, Teh chamomile terdiri dari kandungan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental. Namun perlu diingat bahwa konsumsilah teh tersebut sesuai standar keamanan. Karena jika terlalu berlebihan juga tidak akan baik bagi tubuh.

Leave a Comment