Cara Diet Jitu Dengan Nasi Merah

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Nasi merupakan salah satu makanan pokok bagi warga Indonesia, banyak dari masyarakat beranggapan bahwa “kalau belum makan nasi, belum lengkap rasanya”. Nasi merupakan olahan dari biji beras yang kemudian dimasak. Untuk beberapa orang, khusunya yang ingin melakukan program diet, nasi putih adalah salah satu pantangan bagi mereka.

Nasi putih mulai banyak dihindari karena kadar gulanya yang lebih tinggi daripada nasi merah. Dilansir dari Republika Online, bahwa pada proses penggilingan beras putih banyak membuang kandungan-kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, yang justru beberapa diantararanya terdapat pada kulit beras. Sedangkan nasi merah, teksturnya agak sedikit keras karena kulit tidak terkelupas seutuhnya, oleh karena itu ia mengandung banyak manfaat.

Diet sering disebut juga sebagai salah satu upaya untuk menurunkan berat badan, dengan mengurangi porsi makan dan memilah makanan yang baik agar tercapai keseimbangan tubuh yang sehat dan terjaga. Salah satu metode yang digunakan untuk diet adalah mengganti nasi putih menjadi nasi merah. Metode ini sangat ampuh untuk menurunkan berat badan karena kandungan gula dalam nasi putih dapat kita cegah dan hinari dengan beralih ke nasi merah yang mempunyai kadar gula yang lebih sedikit.

Menurut pakar gizi dan keamanan pangan Profesor Ahmad Sulaiman dari Institut Pertanian Bogor (IPB), nasi merah merupakan pangan lokal yang unggul karena memiliki banyak kelebihan. Menurutnya, nasi merah bukan hanya dimakan ketika diet, tapi juga sebagai pengganti makanan pokok. Hal ini karena nasi merah memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga dapat membantu mencegah terjadinya lonjakan gula darah dalam waktu seketika. Dengan mengonsumsi nasi merah tidak akan menyebabkan perut menjadi cepat lapar.

Farizqi Annisa, seorang mahasiswa mengakui bahwa ia sempat turun berat badan hingga 3 kg dalam seminggu akibat dari menjalankan diet dengan nasi merah dan mengurangi karbohidrat lainnya. Selain turunnya berat badan, nasi merah dpat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan nafsu makan berkurang.

Semua upaya yang dilakukan harus diawali dengan niat yang baik, tentunya bukan saja mengganti nasi putih menjadi nasi merah kemudian berat badan akan langsung turun. Tentunya kita juga harus mengurangi porsi makan kita dan dibarengi dengan proses memilah makanan yang baik dan bergizi tentunya juga perbanyak dengan minum air putih. Tak lupa olahraga sebagai pilihan gaya hidup sehat. Selebihnya hanya Allah yang menghendaki, karena tugas manusia hanya berusaha.

Leave a Comment