Tips Membersihkan Alat Make Up dengan Bahan Rumahan

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Memakai make up yang sehat tentu harus memperhatikan zat yang terkandung pada make up tersebut, apakah mengandung merkuri atau bahan berbahaya lainnya. Selain itu, bagi seorang muslimah, make up berlogo halal tentu akan lebih aman dipakai dibanding dengan yang belum berlogo halal. Pun sama halnya dengan kebersihan alat make up itu sendiri.

Kebersihan alat make up harusnya juga menjadi prioritas bagi kamu yang menggunakan make up setiap hari ataupun yang hanya sesekali. Eye brush, blush brush, sisir alis dan lainnya akan mudah dihampiri bakteri dan kuman bila dibiarkan begitu saja. Wajah kamu bisa saja mengalami iritasi bila bersentuhan dengan alat make up yang  kotor. Oleh karena itu, membersihkan alat make up menjadi hal wajib bagi para wanita. 

Bagaimana membersihkan alat make up yng baik? Berikut ini muslimahdaily akan memberikn tips mencuci alat make up dengan bahan-bahan rumahan yang dilansir dari boldsky.

1.Shampo bayi

Shampo bayi dapat menghilangkan penumpukan kotoran pada alat make up. Caranya, campurkan shampo bayi ke dalam air sambil diaduk-aduk. Rendam kuas make up selama 30 menit kemudian bilas dengan air dingin. 

2.Minyak kelapa

Minyak kelapa mempunyai antibakteri sehingga dapat membunuh bakteri dan kuman pada kuas make up. Tuang minyak kelapa ke dalam mangkuk dan rendm kuas make up. Bilas dengan air shampo agar kuas tetap lembut dan halus.

3.Air lemon

Perasan jeruk lemon dapat membersihkan penumpukan kotoran pada alat make up. Caranya, campurkan perasan jeruk lemon dan secangkir air. Sambil merendam kuas make up, bersihkan dengan cara menggosoknya berlawanan arah atas dan bawah. Bilas dengan air.  

4.Sabun deterjen

Campurkan segelas air dan air deterjen. Rendam sikat make up dan tunggu beberapa nenit. Agar lebih bersih, gosokkan sikat berlawanan arah. Terkahir, bilas dengan air dingin.

5.Minyak Zaitun 

Tuang minyak zaitun secukupnya dan campurkan dengan air. Rendam kuas make up sambil dibersihkan dengan tangan. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air dingin. Terkahir, keringkan. 

Agar lem yang terdapat pada alat make up tak mudah meleleh, jangan keringkan kuas di bawah sinar matahari langsung. Sebaiknya, keringkan di bawah kipas angin di dalam ruangan. Usahakan pula untuk menempatkan kuas secara mendatar bukan posisi tegak karena akan berdampak pada lem yang mengikat bulu.

Selalu gunakan air dingin atau air dengan suhu normal untuk merendam maupun membilas kuas make up. Memakai air hangat atau air panas juga dapat mengakibatkan melelehnya lem pada kuas.

Leave a Comment