Mudah Lupa ? Ini Dia Penyebab dan Solusinya

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Lupa dimana anda meletakkan handphone, tidak ingat nama tetangga baru yang baru sehari yang lalu anda temui, atau lupa pin ATM merupakan fenomena sehari-hari yang umumnya pernah dialami oleh setiap manusia. Diantara kita tentunya pernah menjadi korban dari cacatnya ingatan, kesulitan memanggil kembali informasi yang yang pernah tersimpan di memori. Mengapa seringkali, kita sulit memanggil informasi tersebut justru pada saat kita sangat membutuhkannya?

Menurut Psikolog dan Peneliti yang terkenal karena penelitiannya mengenai memori, Elizabeth Loftus, mengungkapkan beberapa hal yang seringkali menjadi penyebab mengapa kita seringkali melupakan suatu informasi,

Penyebab pertama, ketika anda yakin bahwa anda pernah mengingat informasi tersebut, namun sulit sekali untuk dapat mencoba mengingatnya. Hal ini kemungkinan besar disebabkan karena informasi tersebut jarang dibutuhkan oleh anda. Misalnya, seperti informasi mengenai nomor telepon teman yang jarang anda hubungi. Ketika anda membeli handphone baru dan tidak memiliki kontak lama anda, namun pada saat itu ingin menelpon teman anda, informasi mengenai nomor teman anda itu akan sulit untuk diingat karena jarang dibutuhkan sebelumnya.

Penyebab kedua, ketika anda lupa akan suatu informasi yang baru saja disimpan dalam ingatan, seperti misalnya melupakan nama tetangga yang baru saja anda temui. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh ingatan lama anda menjadi pengganggu untuk mengakses informasi yang baru. Jadi mungkin saja ketika anda lupa nama tetangga baru anda disebabkan karena anda masih terus mengingat nama tetangga lama anda yang sudah tinggal di sebelah rumah anda selama bertahun-tahun sebelumnya.

Selain kedua sebab di atas, penyebab yang lain mengapa kita melupakan suatu informasi adalah kegagalan dalam menyimpan informasi tersebut. informasi yang anda terima akan masuk ke dalam memori jangka pendek yang hanya dapat menyimpan kurang lebih 7 informasi dalam waktu 30 menit. Informasi tersebut akan disaring dan kemudian dikodekan dalam memori jangka panjang yang mampu menyimpan informasi secara permanen. Sehingga mungkin saja, jika anda melupakan suatu informasi karena informasi tersebut gagal tersimpan pada memori jangka panjang anda. Seperti ketika anda mencoba menghafal password email anda yang berupa deretan angka, mungkin sesaat anda merasa hafal namun ketika anda mencoba untuk log in keesokan harinya, anda pun tidak mampu mengingat kembali password tersebut.

Namun, walaupun ingatan kita memang memiliki beberapa kelemahan, ada beberapa cara untuk mengatasi kelemahan ini, diantaranya:

1.Manfaatkan aplikasi reminder dan to-do list

Jika anda memiliki smartphone, tablet atau gadget lainnya yang dapat anda bawa pada saat berpergian, manfaatkan layanan reminder dan to-do list yang umunya disediakan oleh gadget tersebut. Biasakan diri anda pada malam hari untuk memasang reminder dan mencatat kegiatan atau tugas yang harus anda lakukan pada esok harinya sehingga aplikasi tersebut akan membantu anda mengingat informasi-informasi tersebut .

2.Letakkan benda pada tempatnya

Jika anda sering lupa tempat anda meletakkan handphone, kunci atau benda-benda penting lainnnya, biasakkan untuk menaruhnya pada tempat yang permanen sehingga anda tidak sulit untuk menemukannya kembali ketika dibutuhkan.

3.Fokus

Kegagalan penyimpanan informasi pada memori jangka panjang adalah kurangnya fokus atau atensi kita pada informasi tersebut. Maka jika anda merasa informasi yang ingin ada ingat merupakan informasi yang penting, berikan atensi yang penuh pada informasi tersebut dan hindari multi-tasking. Mengerjakan banyak hal dalam satu waktu akan mengurangi fokus anda.

Last modified on Sabtu, 17 Jun 2017 03:02

Leave a Comment