Kosmetik Ini Wajib Dibawa Selama Aktivitas di Bulan Puasa!

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Mengenakan kosmetik saat berpuasa, bolehkah? Bagi muslimah yang aktivitasnya di luar penggunaan kosmetik saat berpuasa juga tetap diperlukan. Asalkan tidak berlebihan dan mencolok.Agar tampak selalu segar dan tidak lesu.

Selama berpuasa aktivitas di luar menuntut kita untuk selalu bertemu dengan matahari. Jika tidak dijaga, kulit akan mudah terbakar dan terasa kering. Selain olahraga dan banyak mengonsumsi air mineral, selalu tampil segar saat berpuasa juga bisa diatasi dengan penggunaan kosmetik. Asal, bijak menggunakannya dan dalam porsi yang tepat. Selain itu tetap memperhatikan kehalalannya.

Berikut ini beberapa kosmetik yang wajib kamu bawa saat sedang aktivitas selama berpuasa:

1.Lipgloss atau Lipbalm

Lipgloss atau pelembab bibir waijb dibawa kemanapun selama sedang berpuasa. Asupan mineral yang berkurang kerapkali membuat bibir menjadi kering dan mudah pecah-pecah.

Lipbalm mengandung emmolient yang dapat melembutkan dan melembabkan bibir. Selain itu, pilih lipbalm yang mengandung SPF hingga 15 untuk melindungi bibir dari sinar ultraviolet alias matahari. Sebaiknya hindari lipbalm yang mengandung fenol dan peppermint. Sebab, kedua jenis bahan ini dapat menghilangkan fungsi pelembab bibir. Hindari pula lipbalm yang mengandung perasa dan parfum buatan karena hanya akan menambah kering bibir.

2.Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya sangat penting digunakan terutama daerah tropis seperti indonesia. Kosemtik satu ini dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Apalagi jika berhijab, tanpa perlindungan wajah seperti sunscreen akan mudah belang, sehingga terlihat beda antara bagian yang tertutup hijab dan yang tidak.

Untuk jenis kulit wanita Indonesia sunscreen berkadar SPF 15 sudah cukup. Penggunaannya dengan dioleskan di bagian-bagian kulit seperti wajah atau tangan 20-30 menit sebelum terkena sinar matahari. Bagi yang cenderung berjerawat, pilihlah sunscreen berbahan dasar gel yang kurang komedogenik.

3.Bedak

Penggunaan bedak di daerah tropis juga amat diperlukan. Bedak dapat mencegah dari berbagai faktor yang mempercepat kerusakan kulit, seperti paparan sinar matahari, debu, hingga AC.

Namun, perlu selektif juga dalam pemilihan bedak. Bedak yang paling cocok adalah bedak dengan formula ringan dan dapat menyerap keringat secara sempurna. Contohnya bedak jenis tabur atau dikenal Loose Powder. Bedak jenis ini cocok untuk semua jenis kulit.

Bedak tabur memiliki kelebihan tekstur yang menyatu di kulit dengan mudah dan mencerahkan wajah namun tetap terlihat alami. Kelebihan lainnya dari bedak jenis ini adalah mudah menyerap minyak berlebih di wajah dan mampu menutupi por-pori wajah dengan lebih sempurna. Sehingga, meski panas terik saat puasa wajah tetap tampak segar dengan kosmetik satu ini.

Tinggalkan sejenak foundation cream maupun cair karena hanya membuat kulitmu tampak berminyak ketika berkeringat. Gantilah foundation dengan bedak mineral selain baik untuk kulit, bedak mineral pun bertekstur sangat ringan.

Last modified on Senin, 19 Jun 2017 06:46

Leave a Comment