Kembali Ke Pola Sehat, Konsumsi 5 Makanan Ini Pasca Lebaran

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Setelah menyantap beragam makanan saat lebaran, kita perlu waspada terhadap berbagai macam keluhan penyakit.  Pasalnya, makanan bersantan, berlemak, berminyak, manis, pedas dan asin berpengaruh pada kesehatan. Selain jenis makanan, pencernaan kita juga harus menyesuaikan lagi setelah sebulan penuh kita terbiasa makan sedikit dan kemudian harus kembali makan banyak saat lebaran.

Berikut ada beberapa tips agar perut tetap nyaman saat lebaran dari dr. Tita Chairinisa dokter umum di RS.Patria IKKT Jakarta.

1.Hindari Minum Manis Perbanyak Air Putih

Agar perut tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan, minumlah satu gelas air putih sebelum makan. Hal tersebut akan mengurangi rasa lapar, dan akhirnya kita tidak terlalu banyak mengkonsusmsi makanan. Hindari minuman manis saat lebaran, cukup air putih yang menyehatkan.

2.Porsi Sedikit, Tapi Sering

Jika kamu tak sanggup menahan nafsu makan saat lebaran, maka tips selanjutnya adalah, Makan dengan porsi sedikit tapi sering agar perut tidak terlalu kaget. Metode ini merupakan cara yang aman untuk pencernaan, terutama untuk para penderita maag yang biasanya sering kambuh saat atau pasca lebaran.

3.Mengatur Pola Makan

Penting sekali untuk mengatur pola makan kita, khususnya saat lebaran. Karena pasti setiap berkunjung kita akan disuguhkan makanan. Sebaiknya makan diatur dengan pola 1/2 piring untuk sayur, 1/4 piring nasi, dan 1/4 piring lauk (ayam/ikan dst). Jika terasa masih lapar, minumlah air putih lagi kemudian disusul dengan buah.

4.Mengunyah Makanan dengan Baik

Saat memakan santapan di Hari Raya, mengunyahlah dengan baik agar bisa mengurangi nafsu makan. Mengunyah yang baik juga memberi kesempatan bagi enzim untuk dikeluarkan, sehingga beban lambung jadi tidak terlalu berat. Orang-orang yang tidak mengunyah makanan dengan baik cenderung akan gemuk. Hal ini karena selera makan yang tinggi dan pencernaannya tidak normal.

5.Jangan Lupakan Buah dan Sayur

Agar saluran cerna sehat, kita membutuhkan asupan buah dan sayur setiap kali makan. Sebab buah dan sayur memiliki peranan penting bagi kesehatan pencernaan. Salah satunya adalah mendukung sistem perncernaan, karena mengandung serat yang berperan melancarkan pencernaan, mengurangi resiko konstipasi atau sembelit serta membantu mencegah perdarahan pada usus dan penyakit usus. Kalau terlihat sulit, anda bisa menyediakan smoothie sebagai gantinya.

Lebaran adalah momen dimana kita bisa merasakan makan bersama keluarga ataupun teman dan menikmati setiap hidangan yang disajikan. Tetapi ingat jangan sampai berlebihan, karena yang cukup itu lebih baik. Dan sebenarnya perut manusia itu ada kapasitasnya, seperti dijelaskan pada hadist dibawah ini :

“Tak ada wadah yang lebih buruk yang dipenuhi oleh seseorang manusia selain perutnya. Dia sebenarnya hanya membutuhkan beberapa suap untuk menopang hidupnya. Karena itu, perut perlu dibagi menjadi tiga bagian; sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga untuk udara.” (HR. Tarmidzi, Ibnu Majah, Hakim dan Ibnu Hibban)

Semoga Allah selalu meridhoi setiap makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita. Dan semoga kita adalah termasuk hambaNya yang selalu bersyukur dan tidak berlebihan.

Leave a Comment