Tips Mencegah Dehidrasi Selama Berpuasa

Tips Mencegah Dehidrasi Selama Berpuasa (c) shutterstock.com

Muslimahdaily - Bagaimana puasa kamu hari ini? Lancar? Semoga semuanya lancar-lancar saja ya! Puasa tahun ini sepertinya lumayan berat karena cuaca di beberapa wilayah sangat terik sehingga mudah sekali lelah dan dehidrasi.

Berikut ini Muslimahdaily.com berikan 5 tips agar kamu tidak mudah dehidrasi selama berpuasa...

1. Perbanyak minum air saat sahur
Saat makan sahur, usahakanlah untuk minum minimal 2 gelas air putih. Selain itu kurangi juga konsumsi minuman manis saat sahur agar berat badan tak naik sekaligus tak menimbulkan bau mulut nantinya.

2. Makanlah buah dengan kadar air tinggi
Saat sahur maupun berbuka, usahakan untuk mengonsumsi buah-buahan yang mengandung kadar air tinggi, seperti semangka, timun, dan buah-buahan lainnya. Selain enak, buah-buahan ini tentunya sangat baik untuk tubuh.

3. Berbuka dengan kurma dan air
Saat berbuka, ada baiknya kamu memakan kurma yang mengandung gula alami dan nutrisi penting lainnya. Kandungan ini dapat mengembalikan energi kamu setelah seharian berpuasa. Air tentu saja dapat menggenti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Jadi yuk ikuti sunnah nabi berbuka dengan air dan juga kurma!

4. Bawa air saat tarawih
Saat shalat tarawih, kamu bisa bawa air minum dari rumah, yang bisa diminum disela-sela shalat. Hal ini akan membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

5. Bawa air minum saat tidur
Sebelum tidur, bawalah air minum ke dalam kamar. Minumlah jika kamu terbangun disela-sela tidur kamu.

Perlu diingat bahwa minum yang banyak saat waktu berbuka bukanlah solusi yang tepat karena perut akan penuh dengan air dan menjadi kembung. Konsumsilah air secara normal sejak sahur dan berbuka puasa. Dehidrasi akan merusak kulit kamu sekaligus membuat kamu jadi mudah sakit. So, semoga tips diatas dapat membantu kamu jauh-jauh dari dehidrasi selama berpuasa ya!

Leave a Comment