Minum Kopi Kurangi Resiko Kematian Usia Muda

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Bagi anda para pencinta kopi, hasil studi baru yang dilakukan oleh peneliti-peneliti dari University of Southern California, USA, tentunya menjadi kabar bahagia. Studi yang melibatkan lebih dari 180,000 partisipan ini memberikan hasil bahwa orang yang meminum kopi ‘regular’ atau kopi yang telah didekafeinasi mengalami keuntungan kesehatan, seperti mengurangi resiko kematian di usia muda.

Penelliti melaporkan pada Journal Annals of Internal Medicine bahwa orang yang mengkonsumsi satu gelas kopi setiap harinya 12 persen lebih sedikit resikonya untuk meninggal di usia muda dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi kopi setiap hari.

Selain itu meminum kopi juga dapat diasosiakan dengan rendahnya resiko kematian karena penyakit jantung, kanker, stroke, diabetes, penyakit pernapasan, dan ginjal. Partisipan yang mengikuti studi tersebut diamati selama 16 tahun. Disebut sebagai studi terbesar dalam studi serupa lainnya, studi ini mencankup partisipan dengan latar belakang keturunan yang beragam meliputi African-Americans, Japanese-Americans, Latina, dan ras kulit putih.

“Penelitian-penelitian seperti ini sangatlah penting karena pola hidup dan resiko penyakit dapat bervariasi antara ras dan latar belakang etnis, dan penemuan pada satu kelompok mungkin tidak berlaku jika diterapkan pada kelompok lainnya.”

Sehingga, penemuan akan asosiasi konsumsi kopi dengan mengurangi resiko mati muda yang telah diamati pada empat etnis yang berbeda, dianggap aman untuk dinyatakan bahwa hasil ini berlaku untuk berbagai latar belakang etnis. Walaupun dalam penelitian ini tidak ditemukan zat apakah yang ada di dalam kopi yang dapat memberikan efek ini, namun dapat disimpulkan bahwa kopi dapat dimasukkan dalam kategori pola gaya hidup yang sehat.

Sumber: boldsky.com

Leave a Comment