5 Kebiasaan yang Membuat Kulitmu Cepat Menua

Ilustrasi Ilustrasi

 

Muslimahdaily - Ada beberapa kebiasaan simpel yang tak disadari tapi nyatanya hal itu malah membuat kulitmu cepat menua. Penuaan dini pada kulit bisa menyebabkan keriput yang pada akhirnya membuat penampilan kurang segar dan tidak enak dilihat.

Sebut saja menggunakan maskara ketika tidur atau mencoba setiap produk kecantikan yang baru keluar. Tentu saja hal itu merupakan hal kecil yang tidak disadari namun nyatanya malah mengakibatkan penuaan dini pada kulit. Maka dari itu, ada baiknya jika Anda membaca artikel ini dan memulai meninggalkan kebiasaan yang bisa membuat kulit menjadi menderita.

Melupakan sunscreen

Menurut seorang ahli kulit di New York, matahari merupakan sumber terbesar penyebab penuaan kulit. Matahari bahkan tetap bisa “menjangkau” kulit Anda ketika mendung, hujan, atau bahkan ketika musim dingin sekali pun. Sinar matahari yang merusak dan mengandung UV bisa menembus kaca juga.

Ada dua tipe UV yaitu UVA dan UVB. Akan lebih baik jika Anda menggunakan sunscreen yang melindungi kulit dari dua macam sinar UV tersebut. SPF yang disarankan minimal adalah SPF 30. Selain itu Anda juga bisa mengaplikasikan formula antioksidan yang mengandung vitamin C, resveratrol, idebenone, atau kopi beri karena bahan-bahan tersebut menawarkan perlindungan tambahan untuk kulit Anda.

Melupakan tangan dan leher

Pada dasarnya bukan hanya wajah yang memerlukan perawatan. Paparan matahari berlebih juga bisa mempengaruhi kondisi tangan dan leher Anda. Selain itu, dua area ini merupakan tempat di mana penuaan terlihat lebih dulu seperti bintik hitam, kekeringan, dan hilangnya fleksibilitas kulit.

Sangat penting untuk memperlakukan leher dan punggung tangan seperti Anda merawat kulit wajah. Maka dari itu, perlu sekali penggunaan pelembab dan tabir surya pada dua area tersebut. Lagipula dua area ini tidak perlu produk yang spesifik. Bahkan Anda bisa menggunakan produk yang biasa digunakan untuk kulit wajah Anda.

Mengobati jerawat

Mengobati jerawat memang sesuatu yang perlu, tapi jika Anda hanya mengobati jerawat di atas jerawatnya saja maka itu akan membuat kulit Anda cepat menua. Pada dasarnya spot treatment akan membuat kulit mengering.

Akan lebih baik jika Anda mengaplikasikan cleanser untuk mengobati jerawat ke seluruh permukaan wajah sekali sehari. Melakukannya merupakan cara terbaik untuk mencegah jerawat di kemudian hari.

Tidur menggunakan make up

Make up merupakan hal yang wajar dan bahkan setiap orang sepertinya selalu menggunakan make up setiap harinya. Namun lupa membersihkan make up dan membiarkannya menempel di wajah sepanjang malam akan mempercepat penuaan kulit.

Ketika Anda bekerja, kotoran, debu dan polusi bercampur menjadi satu di kulit Anda. Apa lagi jika Anda menggunakan make up, seluruh kotoran itu akan menutupi pori-pori Anda. Membiarkannya tetap di sana dalam waktu yang lama akan mempengaruhi kesehatan kulit. Maka dari itu, jangan membiarkan tubuh Anda menjatuhkan diri di kasur sebelum membersihkan make up dari wajah Anda. Jika perlu, siapkan pembersih make up di meja dekat tempat tidur Anda.

Menggunakan terlalu banyak produk

Banyak orang mengira bahwa mengkombinasikan banyak produk akan memberikan hasil yang lebih baik. Misalnya, Anda cocok menggunakan pelembab. Lalu Anda menggabungkan serum, toner, dan krim malam sekaligus dalam satu waktu.

Itu adalah anggapan yang salah. Penggunaan terlalu banyak produk akan membuat kulit kering dan iritasi. Maka dari itu, bijak lah menggunakan produk pada kulit Anda karena kesalahan sepele akan mempercepat penuaan dini.

Leave a Comment