Tips Mengatasi Bibir Kering saat Berpuasa

Tips Mengatasi Bibir Kering saat Berpuasa Foto : doctorsays.com.ng

Muslimahdaily - Selain masalah bau mulut, bibir kering dan pecah-pecah adalah masalah umum yang terjadi bagi kamu-kamu yang berpuasa. Bagi sebagian orang, masalah bibir kering ini lumayan menyita perhatian karena mengganggu penampilan dan menimbulkan rasa perih jika bibir sudah terlalu kering. 

Bibir kering saat berpuasa dikarenakan dehidrasi. Maklum, selama berpuasa, kita menghabiskan waktu paling tidak 14 jam berpuasa tanpa makanan dan minuman yang mengakibatkan tubuh kekurangan cairan. Hal inilah yang memicu permukaan bibir menjadi kering. Jika kamu mengalami hal ini, jangan khawatir. Nikmati saja waktu berpuasa kamu dan yuk ikuti tips mengatasi bibir kering saat berpuasa berikut ini.

1. Jangan menjilat bibir
Logikanya, saat bibir terasa kering banyak orang yang kemudian menjilat bibirnya agar kembali basah dan lembab. Ternyata pemikiran ini salah loh cantik! Menjilat bibir ternyata sama sekali tidak membantu membuat bibir lembab, malah hanya akan memperburuk kondisi bibir. Hal ini karena dalam air liur terdapat enzim yang justru akan membuat bibir semakin kering, bahkan sampai meradang.

2. Pakai lipbalm
Meski berpuasa, kamu bisa kok memakai lipbalm! Tapi ada baiknya pilih lipbalm yang biasa saja ya, yang tanpa ada tambahan aroma. Carilah lipbalm yang mengandung banyak moisturizer, mengandung minyak alami dan juga mengandung SPF (Sun Protecting Factor). Kandungan-kandungan tersebut akan melindungi bibir dari sengatan matahari dan menjaganya tetap lembab dan ternutrisi dengan baik meski sedang berpuasa.

3. Menghilangkan kulit mati di bibir
Kamu juga bisa melakukan pengelupasan terhadap kulit mati yang ada di bibir. Caranya sangat mudah. Cukup basahi bibir dengan air hangat lalu gosok bibibr kamu dengan sikat gigi berbulu halus atau kain kering yang bersih. Namun ingat jangan terlalu bersemangat ya menggosoknya karena bibir sangat sensitif dan mudah luka. Lakukan perawatan ini paling tidak seminggu sekali untuk menjaga bibir kamu tetap sehat selama berpuasa.

4. Banyak minum air
Ini bukan menganjurkan kamu untuk minum di saat berpuasa loh ya! Pakar kesehatan menyarankan agar kamu mengonsumsi banyak air putih saat sahur, berbuka dan sebelum tidur. Hal ini penting untuk menjaga kadar air dalam tubuh sehingga bibir dan kulit tidak kering meski kamu tengah berpuasa seharian.

5. Hindari makan pedas dan asin
Saat sahur dan berbuka puasa, ada baiknya kamu menghindari mengonsumsi makanan yang terlalu pedas atau terlalu asin karena kedua jenis makanan ini dapat menyebabkan bibir dan juga mulut menjadi lebih cepat kering. Akibatnya kamu jadi lebih mudah merasa haus dan bibir pun juga semakin kering. Ada baiknya kamu mengonsumsi buah dan sayur yang kaya antioksidan untuk melindungi kulit.

Nah, semoga tips sederhana diatas mampu membantu kamu mengatasi bibir kering saat berpuasa ya. Selamat menunaikan ibadah puasa!

Last modified on Sabtu, 11 Juli 2015 12:41

Leave a Comment