Khawatir Kolesterol Tinggi, Konsumsi 9 Makanan Ini

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily  - Pernah merasa tubuh tidak nyaman karena sehabis mengonsumsi makanan yang enak? Atau tiba-tiba kepala mendadak terasa pusing, perut mual, cepat merasa lelah dan hilang keseimbangan? Hati-hati mungkin kadar kolesterolmu sedang naik. Jika berlarut-larut dan tidak ditangani dengan baik kondisi tersebut dapat memicu berbagai penyakit berbahaya. Penumpukan lemak yang terjadi dalam pembuluh darah yang berlebihan dapat menyebabkan stroke hingga serangan jantung.

Tak ingin karena kolesterol mengganggu aktivitasmu? Mari mulailah hidup sehat sedari sekarang dengan disiplin untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Yuk, bersiaplah untuk mengucapkan selamat tinggal kolesterol dengan 9 jenis makanan istimewa yang dapat menjaga tubuhmu tetap prima!

1.Produk makanan dan minuman berbahan dasar kedelai

Makanan berbahan dasar kedelai seperti tempe, tahu dan kacang edamame bisa menjadi pilihan yang menyehatkan untuk menjaga kolesterol baik stabil, termasuk susu kedelai. Karena kedelai memiliki kandungan protein dan isoflavon yang berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah.

2.Gandum

Gandum mengandung zat beta-glukan yang berfungsi untuk menyerap kolesterol jahat. Selain itu gandum memiliki fungsi sebagai pengganti nasi yang merupakan sumber karbohidrat, karena itu kita dapat mengonsumsinya dalam bentuk roti.

3.Oats

Oats dikenal menjadi makanan yang menyehatkan karena mengandung banyak serat dan mengurangi potensi hadirnya kolesterol jahat. Oats menjadi pilihan yang praktis untuk sarapan pagi.

4.Buah-buahan dan sayuran yang kaya serat

Buah-buahan dan sayuran yang mengandung serat sangat baik untuk kesehatan dan dapat menjaga kestabilan kolesterol. Untuk kategori sayuran kamu dapat memilih tomat merah segar dan sayur-sayuran berwarna hijau seperti brokoli dan bayam. Namun jika kamu lebih menyukai buah-buahan, kamu dapat memilih buah segar seperti jambu merah, alpukat, pisang, mangga, jeruk nipis, apel, pear, anggur merah dan stroberi. Supaya praktis kamu bisa menikmatinya dalam semangkuk salad buah yang isinya variasi buah-buahan tersebut.

5.Bawang Putih

Posisi bawang putih memang paling populer dibandingkan jenis bawang lainnya. Karena bawang yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang dapat menghancurkan bakteri dan pembersihan sel jahat dalam tubuh yang mencakup berbagai resiko penyakit di dalam tubuh yaitu allicin.

Sedangkan untuk merasakan manfaat bawang putih kita bisa menggunakannya sebagai bumbu masakan karena berfungsi untuk memberikan cita rasa sedap dan nikmat.

6.Teh

Konsumsi teh yang dianjurkan disini ialah teh hijau dan hitam. Teh yang kandungan kafeinnya rendah dan bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Selain itu rasa pahit dalam teh akan memberikan efek yang menyegarkan bagi yang menikmatinya. Tak perlu khawatir ingin mengonsumsi teh di saat panas atau dingin karena memiliki manfaat dan khasiat yang sama.

7.Minyak zaitun

Minyak alami dari buah zaitun ini sangat istimewa karena memiliki kandungan lemak baik yang banyak, bahkan jauh lebih besar dibandingkan minyak kelapa murni. Minyak zaitun yang kaya antioksidan ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol buruk namun tetap mempertahankan kadar kolesterol baik dalam tubuh kita.

Cara mengonsumsinya dapat dilakukan secara rutin dengan minum dua sendok minyak zaitun atau menggunakannya sebagai campuran saus salad dan menggunakannya untuk menumis sayuran.

8.Ikan dan asam lemak omega 3

Makanan laut tak semuanya berbahaya, ikan salah satunya. Beberapa diantaranya ramah dapat menurunkan kolesterol. Contohnya ikan salmon yang merupakan sumber asam lemak omega 3 yang baik termasuk juga ikan makarel, sarden dan tuna. Selain ditemukan di dalam ikan, asam lemak omega 3 juga dapat ditemukan dalam kedelai, bunga kanola dan kenari.

9.Coklat

Dibalik rasa manisnya ternyata coklat memiliki manfaat yang besar lho. Coklat memiliki kandungan polifenol yang sangat berperan penting untuk menurunkan kolesterol. Coklat yang kaya antioksidan ini bahkan dapat menurunkan resiko tekanan darah dan melindungi kulit dari sinar UV. Coklat ini dapat kamu konsumsi dalam bentuk cokelat bar ataupun bentuk bubuk yang dapat kamu nikmati dengan cara diminum.

Last modified on Rabu, 21 Maret 2018 13:43

Leave a Comment