Jaga Kesehatan Ibu Hamil Saat Berpuasa

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Ramadhan telah tiba, bulan yang ditunggu-tunggu umat muslim, tak terkecuali ibu hamil. Bagi sebagian ibu hamil, puasa ditakukan dapat membahayakan janin dalam perut. Namun, nyatanya ada cara agar ibu hamil tetap dapat menjalani ibadah puasa. Lalu bagaimana seorang ibu hamil tetap sehat dalam menjalani puasa ? Berikut tipsnya.

1.Konsultasi Ke Dokter Kandungan

Aman atau tidaknya seorang ibu hamil berpuasa biasanya dilihat dari usia kandungan janin. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter seelum melakukan ibada puasa. Dikutip oleh kumparan.com, dari Dr. Aristo Farabi merupakan PPdS I Obestetri dan Ginekologi Fakulatas Kedokteran Universitas Diponegoro, mengatakan, “Ada Hukum yang memperbolehkan ibu hamil berpuasa. Jika dirasa mereka kuat berpuasa maka tidak ada salahnya untuk berpuasa.”

2.Pastikan Untuk Minum Air Putih Yang Cukup

Air putih merupakan salah satu kandungan penting untuk manusia. Terlebih untuk ibu hamil. Dengan menjaga kandungan air putih yang cukup saat sahur dan berbuka dapat menghindari dampak dehidrasi selama berpuasa seharian.

Dari Riyan Hari Kurniawan, Spesialis Kebidanan dan Kandungan dikutip melalui CNN Indonesia, mengatakan, “Konsumsi air putih tetap 1,8 sampai 2 liter per hari pada saat sahur dan buka, dan segelas susu hangat ketika sahur juga penting.”

3.Atur Konsumsi Menu Makanan

Menurut Riyan juga, ibu hamil wajib berpuasa dengan syarat dia mampu dan tidak membahayakan diri sendiri dan janin. Tentunya perhatian ekstra bagi ibu hamil yang menjalankannya.

Riyan juga menimpali, “Syarat harus dipenuhi ibu hamil yang berpuasa adalah nutrisi sebesar 2500 kilo per hari, yang terdiri dari 50 persen karbohidrat, 30 persen protein hewani dan nabati seperti ikan, telur, daging, susu, tahu, dan tempe. serta 20 persen yang dalam bentuk lemak seperti kacang-kacangan.”

4.Istirahat Yang Cukup dan Hindari Stres

Bagi ibu hamil diwajibkan untuk bisa beristirahat cukup, karena ibu hamil pasti akan lebih mudah lelah selama berpuasa seharian. Juga, penting untuk ibu hamil menghindari stress, karena penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang berpuasa memiliki hormon stres yang lebih tinggi.

Last modified on Jumat, 01 Jun 2018 03:04

Leave a Comment