Agar Kembali Sehat, Lakukan Olahraga Ini Pasca Lebaran

Ilustrasi Ilustrasi ( espn.com )

Muslimahdaily - Lebaran identik dengan suasana liburan bersama keluarga dan orang terdekat. Berbagai hidangan lezat telah dipersiapkan untuk dinikmati. Tak heran, kalau selama lebaran berat badan naik, bahkan dapat menyebabkan kadar kolestrol meningkat.

Agar tubuh kembali sehat setelah lebaran dapat ditembuh dengan olahraga. Secara spesifik, dianjurkan melalukan olahraga berikut ini,

1.Treadmill

Lakukan treadmill minimal 30 menit setiap pagi untuk membakar lemak yang tertimbun. Tanpa perlu khawatir, kamu dapat memilih latihan treadmill berdasarkan gerakan dasar manusia, contohnya jongkok dan skipping.

2.Jalan kaki

Olahraga ringan yang sering dijumpai yakni berjalan kaki. Selain memperbanyak aktivitas, hal ini bisa menurunkan berat badan. Cukup biasakan berjalan kaki ketika pergi menuju kantor atau gunakan tangga dibandingkan lift.

3.Banyak Bergerak

Dengan banyaknya aktivitas atau bergerak, banyak kalori tubuh yang terbakar. Manfaatkan waktu akhir pekan untuk membersihkan rumah atau kegiatan lainnya yang mendukung seluruh tubuh banyak gerak. Usahakan agar tubuh selalu aktif sehingga tubuh akan kembali seperti semula.

"Banyak bergerak sehari-hari dapat membakar lemak setelah menyantap makanan di pesta besar," ujar pelatih olahraga Scott Laidler seperti dikutip dari Mirror.com.

4.Pilates

Pilates menjadi salah satu yang disarankan untuk bisa dilakukan di rumah. Pilates merupakan senam lantai yang membantu mengecilkan perut buncit. Latihan kelenturan dalam pilates juga membutuhkan kontraksi pada otot-otot pusat salah satunya otot perut.

Disarankan lakukan sebanyak3 sampai 5 kali dalam seminggu dengan durasi bisa 20 hingga 60 menit. Jangan terlalu lama, karena dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi.

5.Latihan Beban

Latihan beban bisa dilakukan secara sederhana. Contohnya push up, sit up, atau pull up. Olahraga ringan yang bisa dilakukan tanpa perlu repot untuk datang ke gym. Olahraga latihan beban sederhana ini dapat dilakukan 3 kali dengan setiap sesinya dilakukan sekitar 10 sampai 12 kali secara berulang.

6.Lari

Berlari membakar kalori lebih banyak dari jalan cepat dan joging. Sering berlari juga dapat mempertegas definisi otot dalam tubuh. Berlari menjadi olahraga ideal yang melibatkan seluruh bagian tubuh, mulai dari betis, paha depan, perut, dan otot-otot dada.

Cobalah berlari di lingkungan terbuka seperti di lingkungan perumahan agar banyak otot tubuh yang bekerja. Dengan begitu, kandungan kalori yang tersimpan dalam tubuh akan keluar.
Beberapa tips tersebut bisa dilakukan. Manfaatkan waktu libur lebaran untuk rutin melakukan olahraga agar tubuh tidak mengalami kenaikan berat badan setelah lebaran.