Bahaya Sering Mengganti Skincare Wajah

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Seringkali wanita mudah tergoda dalam menunjang penampilan. Apalagi kalau sudah berhubungan dengan perawatan wajah. Tak jarang wanita akan memenuhi keinginan memiliki kulit putih, mulus, juga bersih. Seringnya masalah kulit wajah yang terjadi membuat wanita memikirkan cara terbaik untuk mendapatkan perawatan wajahnya. Hal itu membuat wanita juga cenderung memilah-milih bahkan berganti skincare atau perawatan wajah sesuai keinginannya.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan sampai penggunaan perawatan wajah. Tidak lepas dari kandungan yang ada di dalam produk perawatan wajah. Baiknya lakukan konsultasi dengan dokter kecantikan yang sudah ahli dalam masalah kulit wajah. Tidak sekalipun mencoba-coba, hingga gonta-ganti skincare.

Dilansir dari Kompas.com, Dokter Dermatologi, Weny Yulisandrarini, S. Ked tidak menyarankan untuk gonta-ganti skincare, "Saran saya, gunakan skin care dengan sabar, jangan berganti-ganti. Takutnya jadi resisten.” Jika harus berganti skincare, Weny menghimbau untuk memberi jeda kulit wajah kita sampai 1 bulan untuk tidak menggunakan produk skin care yang sama. “Didetoksifikasi dengan facial selama jeda waktu sebulan tersebut,” ujar Weny kembali.

Selanjutnya, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan ketika berganti skincare.

1. Kenali Jenis Kulit

Setiap wanita memiliki jenis kulit berbeda. Ada yg kering, berminyak, kulit sensitif, dan juga kulit kombinasi. Lalu dilihat dari jenis yang sudah diketahui bisa dilihat untuk penangaman yang diharuskan . Semacam penggunaan skincare yang harus sesuai dengan jenis kulitnya.

2.Perhatikan Kandungan Skincare yang Akan Digunakan

Untuk kandungan atau komposisi sampai tingkat keamanan yang aman wajib diperhatikan. Mengenai kandungan skincare, bisa dikonsultasikan kepada dokter wajah yang direkomendasikan.

3.Jika Ada Efek Samping Konsultasikan Ke Dokter Wajah

Wajar saja dalam penggunaan skincare ada efek sampingnya. Hal ini terjadi karena penerimaan reaksi kandungan yang diterima kulit wajah pada saat skincare digunakan. Namun jika efek samping menjadi semakin buruk, diharuskan berkonsultasi dengan dokter spesialis.

4. Jika Kulit Sensitif Tidak Sembarangan Menggunakan Produk Kecantikan

Khusus untuk kulir sensitif, sebaiknya menggunakan produk yang direkomendasikan oleh dokter wajah yang berpengalaman. Karena sangat tidak dianjurkan untuk berganti-ganti skincare apalagi merk skincare yang belum tentu sesuai dengan kondisi kulit wajah.

(Baca Juga :  Two Way Cake VS Loose Powder, Lihat Masing-Masing Kegunaannya)

5. Konsultasikan dengan Dokter Sebelum Menggunakan Produk Skincare

Hal penting sebelum penggunaan produk skincare, seperti di awal sudah dijelaskan. Pemeriksaan dini untuk mengetahui jenis kulit wajah. Mengingat kandungan bahan dan dosisnya belum tentu sama dari jenis kulit satu dengan jenis kulit lainnya. Dikhawatirkan dapat memperparah kondisi kulit karena adanya kontradikasi dari bahan-bahan tersebut.

6. Terapkan Pola Hidup Sehat

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah mengikuti pola hidup sehat. Mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Perbanyak sayuran dan buah-buahan, tak lupa susu yang juga untuk menambah protein dalam tubuh. Selain itu tidak merokok, meminum minuman beralkohol, menghindari polutan, serta menghindari stres berlebihan.

7. Konsultasi Ke Dokter Kulit Secara Berkala

Jika sudah menggunakan skincare dari dokter kulit yang dianjurkan, kamu dapat datang rutin sesuai waktu yang sudah dijanjikan. Serta konsultasikan secara berkala untuk perubahan yang terjadi pada kulit wajah. Hal tersebut perlu diperhatikan karena mengingat perawatan wajah yang dilakukan akan berefek pada hasil yang diinginkan.

Untuk selalu menjaga kesehatan kulit wajah, harus bisa memperhatikan produk perawatan serta kecantikan yang digunakan. Salah-salah, dapat berakibat buruk pada wajah. Tetap berhati-hati dan terus menjaga kesehatan kulit serta tubuh dari dalam dan luar.

Last modified on Sabtu, 23 Jun 2018 04:28

Leave a Comment