Panduan Menggunakan Foundation Untuk Wajah Berminyak

By June 25, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Tak bisa dipungkiri, foundation merupakan salah satu item make up yang sangat penting dan hampir selalu ada di meja rias setiap wanita. Bahkan, untuk kebutuhan make up sehari – hari, wanita akan mengemas foundation di dalam tas atau pouch make up kemana – mana.

Saat wajah terlihat kusam atau berminyak karena seharian berada di luar ruangan, foundation akan menyelamatkan kecantikan agar kulit wajah tampak lebih flawless dan mulus. Semua kekurangan wajah yang biasanya terlihat seperti flek – flek hitam, noda jerawat, warna kulit tidak merata, bekas bopeng dan lainnya, akan bisa tersamarkan dengan merata dan tampak lebih halus.

Karena setiap kulit wanita itu unik dan berbeda – beda, maka pemilihan foundation make up yang tepat tidak bisa sembarangan. Warna kulit yang cenderung gelap, jika diberi foundation make up yang terlalu terang, maka terkesan kulit wajah akan tampak tebal seperti topeng. Hasil make up tidak akan tampak sempurna.

Nah, bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, wajah yang sering terpapar sinar matahari bisa terlihat cakey atau kusam dan mengkilap. Menggunakan make up apa pun akan mudah luntur dan tampak seperti mengkilap. Cukup sulit menemukan foundation yang cocok agar bisa bertahan lama seharian. Untuk mendapatkan jenis foundation yang tepat bagi kulit berminyak, sebaiknya langsung berkonsultasi pada dokter ahli kecantikan.

Selain itu, untuk mengaplikasikan foundation make up pada jenis kulit wajah berminyak pun perlu menerapkan secara tepat dan benar. Nah, langsung yuk, ikuti panduan menggunakan foundation untuk si cantik yang memiliki jenis kulit berminyak berikut :

1. Bersihkan wajah dan leher terlebih dahulu

Langkah awal memulai make up adalah membersihkan kulit wajah agar terbebas dari minyak, kotoran, debu dan polusi yang mungkin menutup pori – pori. Gunakan sabun wajah yang tepat dan bila perlu lakukan lulur atau eksfoliasi untuk mengangkat sel – sel kulit mati. Mencuci wajah dengan jenis sabun yang tepat dan air dingin akan membuka pori – pori. Setelah itu, lap kulit wajah dengan cara ditepuk – tepuk.

2. Menerapkan pelembap berbasis air

Untuk kulit berminyak sebaiknya memilih jenis berbahan dasar air. Pasalnya, bahan berbasis minyak justru akan memperparah kondisi kulit untuk memproduksi lebih banyak sebum atau minyak wajah. Beberapa moisturizer atau pelembap saat ini memiliki jenis fitur untuk menutup pori – pori dengan sempurna sehingga kulit wajah tampak lebih halus seperti menggunakan bedak.

3. Jenis matte foundation

Di pasaran saat ini, sudah banyak jenis foundation yang menawarkan hasil akhir tampak lebih flawless dan sempurna. Pilihlah jenis foundation yang matte karena ideal untuk jenis kulit berminyak. Aplikasikan foundation sedikit alias tipis namun merata pada area yang sering berminyak, atau di sekitar hidung, dahi dan dagu. Kemudian, taburkan bedak dengan cara ditepuk – tepuk memakai aplikator atau spons bedak.

5. Gunakan loose powder

Kulit berminyak sangat direkomendasikan menggunakan bedak tabur atau loose powder. Pasalnya, bedak tabur masih memberikan kesempatan bagi pori – pori kulit untuk bernapas atau bersirkulasi udara dengan baik tanpa tertutup oleh formula bedak yang terlalu berat. Loose powder juga lebih baik dalam menyerap minyak berlebih sehingga kuilt wajah tidak cakey.

6. Terapkan Primer

Setelah menggunakan bedak, terapkan sedikit primer di bagian area T atau hidung dan dahi. Primer akan menjaga kelebihan minyak di wajah agar tidak membuat kulit mengkilap sehingga make up tetap menempel sempurna.

Jangan lupa, buat Anda yang ingin tampil cantik meski berjenis kulit berminyak, coba trik make up di atas ya. Selamat mempraktikkan.

Last modified on Tuesday, 26 June 2018 08:25

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama