Inilah Alasan Kenapa Polusi Suara Buruk untuk Manusia

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Polusi suara seringkali dialami oleh manusia. Apalagi yang bermukim di perkotaan. Banyak suara yang tercemar dan bercampur hingga menyebabkan dampak buruk, terutama bagi tubuh manusia. Pertumbuhan penduduk yang meningkat tajam serta makin menghilangnya lahan pedesaan juga merupakan salah satu pemicu meningkatnya masalah polusi suara. 

Polusi suara merupakan gangguan yang disebabkan oleh bunyi atau suara yang mengakibatkan terganggunya makhluk hidup di sekitarnya. Sumber polusi suara biasanya berasal dari kendaraan bermotor, pesawat, kereta api, mesin indutri, dan lainnya.

Walaupun berdampak tidak baik, polusi suara sudah menjadi bagian dalam hidup manusia. Setiap harinya mendengar suara yang berisik, sampai kita merasa bahwa tidak ada lagi tempat yang tenang. WHO pun mencatat beberapa dampak buruk polusi suara bagi kesehatan manusia, diantaranya :

1.Gangguna Pendengaran

Polusi suara merupakan penyebab utama gangguan pendengaran. Penyebab ini bisa disebabkan karena paparan suara lebih dari 75-85 desibel (dB) dalam jangka panjang. Jika suara sudah diatas ambang batas 85 desibel (Db) dianggap membahayakan. Paparan tersebut menyebabkan gangguan pada kemampuan sel pendengaran di koklea.

2.Tinnitus

Tinnitus merupakan suara denging di telinga. Dapat bersifat sementara, namun jika terjadi terus menerus karena polusi suara bisa bersifat jangka panjang. Polusi suara menyebabkan banyak orang yang merasa mulai mendengar suara-suara yang mengganggu di telinga.

Hal ini bisa mengganggu kemampuan untuk memahami pembicaraan, susah konsentrasi, kurang percaya diri, kesalah pahaman penurunan kapasitas kerja, sampai memengaruhi perilaku manusia.

3.Kurang Tidur

Polusi suara juga mempengaruhi pola tidur manusia. Ketika gangguan tidur sudah kronis, juga akan mempengaruhi suasan hati, penurunan kinerja, dan efek panjangnya lainnya pada kesehatan.

4. Penyakit Kardiovaskular

Tak hanya menyebabkan gangguan tidur, polusi suara juga memengaruhi sistem kardiovaskular seseorang. Setelah terkena paparan polusi suara, tubuh akan merasakan stres dan melepaskan hormon yang menyebabkan kerusakan jantung dan juga tekanan darah tinggi. Hingga terburuknya bisa terkena penyakit jantung.

5.Gangguan Mental

Polusi suara bisa mengganggu mental pada orang yang beresiko memilikinya. Polusi suara dapat berkontribusi terhadap beberapa efek samping seperti, kecemasan, stress, gugup, sakit kepala sampai impotensi.

Itulah alasan polusi suara berakibat buruk bagi tubuh sampai berakibat fatal. Sebisa mungkin hindari polusi suara tersebut. Tidak hanya manusia yang terkena paparan polusi suara, hewan dan lingkungan sekitar juga terkena akibat dari populasi suara.

Leave a Comment