Apa Itu Menstrual Cup dan Seberapa Aman Penggunaannya?

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Saat tamu bulanan datang, kebanyakan wanita sudah biasa menggunakan pembalut yang berbahan dasar kapas. Sementara sebagian lainnya masih menggunakan kain untuk menampung darah menstruasi. Masalah yang dialami ketika memakai pembalut terlalu sering adalah iritasi pada permukaan vagina karena pemakaian yang terlalu lama. Salah satu solusi atas permasalahan ini adalah Menstrual Cup.

Mungkin masih banyak wanita yang belum mengetahui apa itu Menstrual Cup dan memang belum banyak yang membahas tentang alat yang satu ini. Menstrual Cup merupakan cup yang terbuat dari bahan silikon dan bersifat elastis. Fungsi dari Menstrual Cup ini tentunya untuk menampung darah menstruasi. Alat ini terdiri dari berbagai macam ukuran dalam cc, mulai dari 10-60 cc.

Menurut berbagai macam penelitian, darah yang keluar dari vagina wanita dalam satu hari bisa mencapai 60-80 cc. Ukuran Menstrual Cup ini bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Karena terbuat dari silikon, alat ini tentunya dapat dicuci dan digunakan lagi. Tapi perlu diingat, meskipun bersifat elastis dan cenderung tidak akan melukai vagina, Menstrual Cup ini tidak boleh digunakan lebih dari 8 Jam.

(Baca Juga : Hal Yang Perlu Dilakukan Saat Haid Tidak Teratur)

Cara pemakaian

Sebelum menggunakan Menstrual Cup ini, pastikan tanganmu sudah bersih dari kuman. Cuci tangan sampai benar-benar bersih jangan sampai ada kotoran yang menempel. Karena Menstrual Cup ini nantinya akan masuk ke vagina, jika terdapat kuman dan kurang bersih dikhawatirkan akan terjadi infeksi pada vagina. Sebelum memasukan alat ini, pastikan juga kuku dalam keadaan pendek dan bersih, agar tidak merusak tekstur silicon.

Selanjutnya adalah proses memasukan cup ke dalam vagina. Posisikan cup dengan cara dilipat menjadi huruf U dan buka daerah labia mayora pada vagina kemudian masukan Menstrual Cup. Ketika sudah di dalam dan pada posisi yang tepat maka lepaskan sehingga lipatan cup akan terbuka.

Setelah selesai pakai dan terasa sudah penuh kamu bisa menarik bagian bawah cup yang berbentuk panjang seperti selang kecil. Tarik perlahan dan buang darah yang ada di dalam cup tersebut. Pada bagian ini juga kamu harus berhati-hati ya, khawatir darah menstruasi meleber. Cuci Menstrual Cup dengan air biasa dan sabun sampai bersih kemudian keringkan dengan handuk.

(Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Yang Wajib Diketahui Perempuan)

Hal Yang Perlu Diperhatikan

Menstrual Cup ini sebaiknya tidak digunakan oleh wanita yang belum pernah melakukan aktifitas seksual. Karena cara pemakaian alat ini dengan cara memasukan ke daerah vagina, maka dikhawatirkan akan merusak keperawanan.

Setelah menstrual cup di dalam diamkan, maka alat ini akan terjepit dengan sendirinya. Memasukan Menstrual Cup ini tidak perlu mencapai daerah serviks namun hanya sampai labia mayora.

Ramah lingkungan memang menjadi alasan utama mengapa Menstrual Cup banyak digunakan. Karena alat ini bisa menggantikan pembalut dari bahan kapas dan dapat bertahan selama 10 tahun lamanya. Namun jika kamu ingin mencoba alat ini, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan vagina. Jangan sampai terjadi irtasi. Untuk lebih lanjut kamu juga bisa meminta pendapat dokter atau orang yang sudah lebih berpengalaman.

Sumber Dr. Oz Indonesia 7 Nov 2017 dr. Boy Abidin, SpOG (dokter kebidanan) dan dr. Reisa Broto Asmoro

Leave a Comment