Tips Cara Menghilangkan Bau Kaki

Muslimahdaily - Kaki kamu bau ? Pastinya malu dan level kepercayaan diri langsung drop. Menurut penelitian, bau kaki bukan hanya disebabkan keringat di area kaki yang membuat kaki lembap. Bau kaki juga bisa disebakan oleh bakteri yang menempel di kaki kemudian bercampur dengan kulit mati dan keringat. Kombinasi ini tak pelak menimbulkan bau pada kaki kamu.

Namun jangan khawatir. Hal ini bukannya tidak bisa diatasi! Berikut ini ada tips cara menghilangkan bau kaki yang bisa kamu coba di rumah.

1. Rajin mencuci kaki

Jangan hanya rajin mencuci muka saja, kamu juga harus rajin-rajin mencuci kaki. Akan jauh lebih baik jika kamu menggunakan sabun anti bakteri untuk meminimalisir jumlah bakteri di kaki. Selain itu gunakan juga batu apung untuk mengangkat kulit mati di kaki. Memakai lulur atau scrub di kaki juga bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan kaki.

2. Pakai deodoran

Ya, kamu tidak salah baca kok! Meskipun deodoran biasanya digunakan untuk daerah ketiak, ternyata juga bisa dipakai di telapak kaki untuk mencegah bau kaki. Hal ini karena fungsi utama deodoran adalah untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan aroma tak sedap, sehingga masih relevan juga untuk digunakan di telapak kaki. Kamu bisa mengoleskan atau menyemprot deodoran ke telapak kaki saat memakai kaus kaki sebelum beraktivitas.

3. Selektif memilih bahan kaus kaki

Pilihkah kaus kaki dari bahan yang mampu menyerap keringat dan memiliki tekstur yang baik untuk melancarkan sirkulasi udara di daerah kaki. Selain itu ada baiknya kamu mengganti kaus kaki paling tidak sehari sekali untuk menghilangkan bau kaki.

4. Jangan biarkan kaus kaki dalam sepatu

Saat sudah pulang ke rumah, jangan tinggalkan kaus kaki di dalam sepatu. Hal ini akan menjadi tempat ideal bagi bakteri untuk bersarang yang kemudian akan menimbulkan bau tak sedap. Jika kamu masih ingin memakai kaus kaki yang sama untuk keesokan harinya, ada baiknya kaus kaki diangin-anginkan atau jemur di bawah sinar matahari.

Semoga dengan melakukan tips-tips diatas kamu tak lagi harus malu karena bau kaki. Meski bukan sebuah masalah besar, namun tak ada salahnya kan lebih memperhatikan kesehatan dan kebersihan seluruh anggota badan yang bisa meningkatkan kepercayaan diri kamu, bukan?

 

 

Last modified on Senin, 31 Agustus 2015 07:10

Leave a Comment