Yuk Coba Membuat Empat Jenis Teh yang Menyehatkan Ini

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Teh merupakan minuman yang paling terkenal dan paling banyak pula di konsumsi selain air putih. Adapun beragam jenis bahan dasar dari teh mulai dari tumbuhan, bunga hingga dedaunan.

Minuman yang kini memiliki banyak inovasi warna selain coklat ini, juga dapat dijadikan sebagai obat karena banyak manfaat yang terkandung didalam teh. Tentunya manfaat dan cara penyajian yang mudah, membuat daya Tarik teh semakin digemari. Bagi yang belum mengetahui inilah 4 jenis teh dan cara penyajiannya :

1.Bunga rosella

Bunga berwarna merah mempesona ini termasuk tanaman perdu dan dapat dijadikan sebagai teh herbal yang menyehatkan tubuh. Bunga Rosella mempunyai pigmen warna merah menyala serta mempesona yang terbukti  efektif dan aktif  menghancurkan sel-sel kanker yang menyerang darah atau dapat disebut juga leukemia.

Manfaat dari teh rosella ini antara lain ; Menyehatkan pembuluh arteri yang menuju jantung, Sebagi detoksifikasi karena memiliki zat anti radang serta bakteri yang mampu mengeluarkan racun dalam tubuh. Bunga yang satu ini juga dapat mencerahkan kulit dari dalam.

Cara membuat teh bunga Rosella

- Ambillah secukupnya beberapa helai teh rosella kering ke dalam gelas atau cangkir,
- Tuangkan air panas atau hangat kurang lebih 300 cc atau secukupnya,
- Tutup cangkir atau gelas selama kurang lebih 5 sampai 15 menit,
- Setelah berubah warna aduk teh rosella,
- Tambahkan gula atau madu seckupnya. Bisa juga ditambahkan perasan jeruk nipis sesuai selera,
- Jika menginginkan yang dingin, minuman teh rosella dapat ditaruh di dalam lemari es terlebih dahulu,
- Teh rosella siap disajikan.

2.Teh hijau

Teh hijau adalah teh yang terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis, daunya dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi, atau dapat juga berarti minuman tersebut dihasilkan dari penyeduhan daun teh secara alami. Teh hijau pun juga merupakan salah satu minuman yang digemari, terutama oleh para wanita yang senang mengkonsumsi minuman teh yang sehat. Adapun beberapa Manfaat dari teh hijau yaitu, mempercantik kulit wajah, mencegah penuaan dan mengobati jerawat.

Cara membuat teh hijau

- Isi panci dengan air dan panaskan hingga suhunya sekitar 80 °C. 
- Masukkan kantong teh hijau kedalam cangkir
- Tuang air panas kedalam cangkir
- Tunggu hingga 3 menit, dan teh hijau siap disajikan.

3.Teh daun sirsak

Teh daun sirsak merupakan salah satu teh herbal yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan karena didalam teh daun sirsak memiliki berbagai kandungan yang membantu dalam menjaga kesehatan tubuh. Manfaat teh daun sirsak juga beragam yaitu, membantu dalam mengobat kanker payudara, membantu dalam mengobati tumor dan membantu dalam mengobati kanker usus besar.

Cara membuat the hijau

- Masukan dua sendok teh daun sirsak yang sudah dikeringkan ke dalam teko
- Tuangkan air panas 200 cc kedalam teko
- Tutup teko dan diamkan selama kurang lebih  lima menit
- Tuangkan ke cangkir dan saring daun tehnya
- Silakan diminum bila merasa pahit, masukan satu sendok teh madu

4.Teh Chamomile

Teh chamomile merupaka teh berbahan dasar tumbuhan yang berbentuk seperti bunga matahari. Teh ini dahulu populer di kawasan eropa kemudian berkembang ke seluruh dunia termaksuk Indonesia. Manfaat dari teh chamomile ini adalah sebagai minuman anti depresan, dan minuman penenang dikala susah tidur.

Cara terbaik mendapatkan manfaatnya ialah dengan diminum, dihirup uapnya atau merendamkan kain yang kemudian diletakan pada area sakit. Chamomile ini juga berguna mengobati kram menstruasi pada wanita.

Cara membuat teh Chamomile

- Jika memiliki tanaman chamomile, kumpulkan bunga-bunganya.
- Selain itu, Anda juga dapat membeli bunga segar dari toko herbal atau toko kesehatan.
- Langkah berikut, rebus secangkir air.
- Tambahkan satu sendok teh bunga chamomile segar saat air mulai mendidih. Biarkan selama lima menit.
- Setelah itu, angkat teh dari kompor dan tambahkan madu sebelum dikonsumsi.

Leave a Comment