Ini Dia Makanan ‘Terlarang’ Bagi Kamu yang Sedang Datang Bulan

Ini Dia Makanan ‘Terlarang’ Bagi Kamu yang Sedang Datang Bulan Foto : healthtap.com

Muslimahdaily - Rasa nyeri saat menstruasi adalah hal yang sering kali dialami oleh para wanita saat siklus bulanan itu datang nyeri saat menstruasi adalah hal yang wajar, tapi tahukah kamu kalau makanan yang kamu konsumsi bisa menambah rasa nyeri saat menstruasi ?

Berikut ini ada empat jenis makanan yang sebaiknya dijauhi sebelum dan selama menstruasi:

1. Makanan manis

Selama datang bulang terjadi perubahan hormon dalam tubuh yang membuat kadar gula dalam darah menjadi tidak stabil. Namanya juga wanita pasti suka sekali dengan makanan manis, seperti kue, cup cake, donat, permen, dan sebagainya. Namun ternyata makanan yang mengandung gula dapat meningkatkan fluktuasi gula darah sehingga menyebabkan perubahan suasana hati dan menyebabkan kram. Selain itu sering mengonsumsi makanan olahan dan kaya gula juga akan menyebabkan ketidakseimbangan sistem kekebalan tubuh dan bisa menyebabkan kelelahan.

2. Makanan dan minuman berkafein

Makanan dan minuman yang mengandung kafein ternyata dapat memperburuk gejala depresi, cemas dan nyeri payudara saat datang bulan. Kafein biasanya terdapat di cokelat, teh, kopi, minuman ringan dan minuman berenergi. Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik saat datang bulan, lebih baik konsumsi air putih saja.

3. Makanan tinggi lemak

Menurut Physicians Committee for Responsible Medicine, makanan tinggi lemak memiliki pengaruh kuat terhadap aktivitas hormon dalam tubuh. Dengan mengonsumsi makanan tinggi lemak dapat memperparah gejala saat datang bulan seperti nyeri payudara dan kembung. Oleh karena itu hindari makan daging sapi, sosis, burger dan produk susu tinggi lemak. Lebih baik banyaklah konsumsi buah segar dan sayur – sayuran.

4. Makanan olahan

Makanan olahan seperti makanan kaleng, sosis, nugget dan sebagainya mengandung banyak garam yang jika dikonsumsi secara berlebihan maka bisa menimbulkan kembung dan perasaan berat pada tubuh. Oleh karena itu ada baiknya kamu menjaga asupan garam secara wajar dengan menghindari makanan olahan yang mengandung natrium.

Nah yang biasa nyeri hebat saat datang bulan, yuk silahkan dicoba untuk tidak mengonsumsi makanan diatas dan rasakan perbedaan dalam tubuh kamu. Selamat mencoba!

Leave a Comment