Selebgram Cantika : Cerita Menurunkan Berat Badan Hingga Tips Sehat

Cantika Cantika ( Foto : Instagram/@caantiikaa)

Muslimahdaily - Topik mengenai body goals kini ramai diperbincangkan. Langsing, tinggi semampai, hingga lekukan pada pinggul harus ada jika ingin menyemat gelar body goals ini. Para pengguna sosial media berlomba-lomba mengunggah foto dirinya dengan kriteria tersebut.

Maka jangan kaget bila banyak perempuan kini rela melakukan diet ketat dan olahraga ekstra demi menjunjung kata body goals.

Hal ini tak lepas dari peran para influencer di media sosial. Terutama mereka yang berada di tingkat teratas dalam bisnis daring ini. Para pemilik brand ternama menjadikan influencer sebagai target utama dalam menaikkan rating brand dengan cara endorsement.

Itulah mengapa banyak influencer menjadi sangat ketat menjaga berat badannya, tentu agar menarik perhatian para pemilik brand.  

Namun bagaimana pendapat para influencer mengenai body goals itu sendiri? Apa saja yang harus dilakukan demi mencapai dan menjaga berat badan yang ideal? Berikut pendapat influencer atau selebgram muda dan cantik, Cantika.

Bagi Cantika sendiri, ia kurang setuju dengan fenomena body goals. Menurutnya, pandangan para pengguna media sosial akan menuntut seseorang menjadi goal tersebut.

Bila seseorang dinilai belum mencapai kriteria goal ini, maka akan muncul berbagai komentar-komentar negatif, bahkan body shaming yang tentunya sangat menggangu.

Awal Mula Diet

Gadis yang masih duduk di bangku SMA ini punya kisah transformasi yang menarik. Di tahun 2016, berat badan Cantika sempat mencapai angka 86 Kg. Dengan usaha keras, kini, ia berhasil mencapai berat badan 65 Kg. Walau belum sesuai target idealnya, Cantika tetap bersyukur dan selalu berusaha menjaga angkanya itu.

Pemilik akun Instagram @caantiikaa ini menceritakan awal mula hidup sehatnya. Sejak tahun 2016, Cantika memang sudah mengonsumsi beberapa supplement kesehatan, namun usahanya saat itu gagal hingga akhirnya ia mencoba diet sehat. Proses penurunan berat badan ini dilakukan kurang lebih selama satu tahun. Untuk menjaga dan mempertahankan berat badannya pun dibutuhkan waktu sekitar satu tahun.

Pola yang diterapkan dara bernama lengkap …. cukup sederhana. Sarapan dan makan malam dengan real food seperti sayuran, buah-buahan atau makanan sederhana lain yang diproses tanpa berlebihan. Karena masa diet ketat sudah terlewati, Cantika hanya perlu menjaga berat badannya dengan cara asupan kalori per hari, jangan sampai melewati batas kalori yang sudah ditentukan.

Reaksi Keluarga dan Netizen

Keluarga Cantika selalu mendukung apapun yang anak bungsu dari tiga berusadara in lakukan agar lebih sehat. Cantika yang kala itu mencoba untuk sharing berbagi resep makanan sehat di media sosial ternyata mendapat respon positif, baik dari keluarga maupun netizen. Hal tersebut membuat keluarga Cantika berpendapat bahwa makanan diet pun dapat dibuat enak dan lezat.

Reaksi followers dengan transformasi yang cukup drastis ini beraneka ragam; banyak yang memberikan support positif. Tak selalu baik, gadis yang juga aktif di Youtube ini bahkan pernah merasa stres karena terlalu memikirkan komentar negatif seperti, “Kok mukanya jerawatan, si.” atau “Ih Gendutan.” Cantika mengaku, bahwa ia sempat merasa panik. Namun pada akhirnya bila sudah melampaui batas, biasanya Cantika akan menghapus komen negatif itu, bahkan bila perlu mem-blocknya.

Pernah Gagal karena Cheat Day

Perjalanan diet Cantika tak selalu mulus. Ia bahkan pernah hampir gagal diet karena Cheat Day. Disebut juga sebagai “Hari Libur Diet”, pada hari ini seseorang bebas mengonsumsi makanan apapun selama satu hari. Biasanya Cheat Day ini dilakukan ketika weekend.

Saat akhirnya datang Cheat Day, tentu Cantika senang. Ia pun makan dengan sanat lahap hingga kekenyangan dan kesulitan bernapas. Setelah susah payah menurunkan 2 Kg beratan badannya, justru malah bertambah 3 Kg setelah Cheat Day ini. Penyesalan pun datang, ia merasa apa yang dilakukannya selama ini sia-sia. Kini, Cantika punya trik sendiri saat Cheat Day, ia akan lebih bijaksana dan tidak berlebihan.

Tips Diet Sehat

Perubahan drastis yang dialami Cantik berhasil membuat takjub banyak orang, terlebih followers-nya. Banyak dari mereka bertanya bagaimana cara Cantika hingga berhasil menurunkan berat badan hingga 20 Kg. Karena itulah, Cantika termotivasi untuk berbagi tips di media sosialnya.

Ide yang ia dapatkan biasanya datang dari hasilnya mencoba membuat resep diet sehat dengan bantuan internet. Kadang Cantika juga meniru masakan sang ibu namun menggunakan bahan yang lebih sehat; bahan organik.

“Selalu berfikir menjadi versi terbaik dari hidupku,” jawab Cantika ketika ditanya mengenai apa motivasi utama Cantika melakukan pola hidup sehat.

Menurutnya hidup hanya sekali, maka buatlah versi terbaik dari hidup ini; malas dan lelah adalah hal yang sangat manusiawi, namun coba kembalikan lagi ke motivasi, jadilah versi terbaik diri kamu sendiri.

Last modified on Jumat, 14 Desember 2018 08:59

Leave a Comment