Lakukan 5 Hal Ini Agar Tetap Sehat di Musim Hujan

By December 31, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Kesehatan merupakan hal yang penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Saat musim penghujan, biasanya kekebalan tubuh akan mudah terserang penyakit. Hal ini ditandai dengan mudahnya terserang flu, sakit tenggorokan, dan infeksi.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tetap sehat di musim penghujan. Berikut ini tipsnya.

1.Perbanyak Konsumsi Air Mineral

Saat musim hujan, kebanyakan dari kita akan jarang mengkonsumsi air mineral. Padahal air mineral dapat mencegah kita dari dehidrasi dan gangguan kesehatan lainnya. Air mineral memiliki zat antioksidan dan dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Untuk itu, meskipun berada di musim penghujan, tetaplah konsumsi air mineral sebanyak 8 gelas atau 1,5 liter.

2.Perhatikan Kebersihan Tubuh dan Lingkungan sekitar

Sebelum makan dan setelah dari toilet, jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Kuman bisa menempel pada benda-benda yang biasa kita pegang, seperti gawai, laptop, atau kenop pintu.
Selain itu, kebersihan lingkungan pun merupakan hal yang perlu diperhatikan. Jangan biarkan air menggenang, sebab kuman dan bakteri akan lebih mudah berkembang di tempat yang lembap.

3.Jaga Pola Makan

Asupan gizi sangat diperlukan oleh tubuh. Jika tubuh kekurangan nutrisi, maka akan mudah terserang oleh penyakit. Untuk mencukupi asupan gizi, kita harus mengonsumsi karbohidrat, lauk pauk, sayur mayur, buah-buahan, dan minuman.
Dikutip dari Liputan6.com, pola makan kita harus dijaga, mulai dari sarapan, makan siang, hingga makan malam. Namun, di antara semuanya, menurut Kemenkes, sarapan merupakan yang terpenting. Sebab, ia dapat memenuhi 15-30 persen kebutuhan gizi harian.

4.Konsumsi Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C sangat dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan imun. Vitamin C biasa terdapat pada buah-buahan, seperti jeruk, jambu, papaya, dan mangga. Dengan mengonsumsi vitamin C secara rutin dapat membantu kita meningkatkan daya imun.

5.Tidur Secukupnya

Ternyata pola tidur pun dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Saat musim hujan, tentunya rasa kantuk akan mudah menyerang kita. Namun, tetaplah tidur secukupnya, jangan biarkan tubuh kita untuk tidur secara berlebihan.
Tidur yang berlebihan dapat membuat tubuh kaku dan lemas dan bergadang pun dapat menyebabkan rasa kantuk pada pagi hari.

Last modified on Monday, 31 December 2018 10:13

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama