8 Tips Ampuh Memilih dan Merawat Softlens

By January 11, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Banyak orang ingin terlihat cantik dengan mata yang indah. Salah satunya dengan cara memakai softlens. Biasanya penggunaan softlens sering digunakan orang yang memiliki gangguan pada mata seperti minus atau silinder sebagai pengganti kacamata atau alat bantu penglihatan.

Namun, kini softlens marak digunakan sebagai aksesoris fashion dan kecantikan. Softlens akan membuat mata terlihat lebih indah, anggun dan menawan. Hanya saja, perlu diketahui, jika Anda menggunakan softlens, Anda juga harus memerhatikan dan memilih softlens agar mata tetap terawat dengan baik. Jangan sampai karena salah perawatan softlens, indera penglihatan justru menjadi taruhan. Berikut beberapa tips memilih dan merawat softlens yang perlu diperhatikan:

1.Pilih warna softlens

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih warna softlens karena jika Anda asal membelinya maka mata akan terlihat aneh. Pilihlah warna yang natural seperti hitam, abu-abu gelap dan coklat, jika Anda minus Anda bisa menggunakan warna bening saja.

2.Perhatikan diameter softlens

Hal lain yang diperhatikan adalah ukuran diameter softlens. Jangan sampai karena melihat keindahan softlens maka Anda memilih softlens yang tidak sesuai ukuran mata Anda seperti kekecilan atau kebesaran.

Untuk Anda yang memiliki mata besar bisa memilih softlens dengan diameter lebih dari 15 mm. Jika Anda memiliki mata kecil maka Anda cukup memakai softlens yang berukuran kecil atau sedang saja.

3.Kadar air dan tingkat ketipisan

Kadar air pada softlens yang baik adalah lebih dari 48% agar jika dipakai akan sangat nyaman. Semakin tipis softlens maka semakin baik. Anda bisa sesuaikan kadar air softlens dengan kondisi mata karena memengaruhi daya serap air pada mata Anda.

4.Cek waktu kadaluarsa

Jika Anda membeli softlens maka perhatikan juga waktu kadaluarsa dari softlens tersebut. Jangan sampai membeli yang kadaluarsa yang dapat mengakibatkan rasa gatal-gatal, mata merah dan keluar air mata secara terus menerus.

5.Sesuaikan dengan minus mata

Jika Anda minus dan ingin memakai kacamata maka Anda harus menyesuaikan softlens dengan minus Anda. Jangan sampai terlalu rendah atau terlalu tinggi. Jika terlalu tinggi atau rendah maka tidak akan memberikan penglihatan yang optimal untuk mata Anda.

6.Mencuci tangan terlebih dahulu

Sebelum menyentuh dan membersihkan softlens sebaiknya Anda mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun agar kotoran dan kuman tidak menempel pada softlens. Setelah mencuci tangan, keringkan tangan Anda dengan handuk yang tidak berserat. Hindari penggunaan sabun yang mengandung pelembab karena bersifat anti softlens.

7.Menggosok softlens

Anda dapat menggosok softlenss secara perlahan dan hati-hati dengan ujung jari kira-kira selama 10-15 detik. Setelah itu, bilas dengan solution dan gosok kembali seperlunya dengan ujung jari. Lalu letakkan softlens pada tempatnya dan tuangkan cairan solution ke dalamnya hingga benar-benar terendam.

Anda bisa merendam softlens minimum selama 4 jam dan maksimal 24 jam. Lakukan hal tersebut kembali jika akan menggunakannya kembali. Sebelum memakai softlens hendaknya Anda membersihkan dahulu sisa kosmetik dan debu yang masih menempel pada sekitar mata

8.Simpan pada tempat softlens

Anda bisa membuang cairan solution bekas merendam dan membersihkan tempat softlens. Setelah itu, simpan softlens di tempat yang kering dan bersih. Atau, taruh saja di tempat atau wadah yang sudah disediakan dalam kemasan produknya.

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama