Badan Mudah Lelah, Cek Yuk Penyebabnya

By January 23, 2019 283 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Capek bekerja atau beraktivitas sepanjang hari adalah hal yang biasa. Setelah Anda istirahat atau bersantai, biasanya lelah akan segera musnah. Tetapi, ada kalanya badan terasa lelah terus – menerus bahkan mudah sekali capek dan lesu. Tentu saja, hal ini tidak boleh dibiarkan. Segera ketahui penyebabnya dan hubungi dokter Anda bila perlu. Berikut adalah beberapa penyebab badan mudah lelah yang perlu diwaspadai:

1.Dehidrasi

Ternyata, dehidrasi atau kekurangan cairan bisa membuat tubuh Anda mudah lelah. Kekurangan cairan sebanyak 3% saja dapat membuat badan terasa lesu dan mengacaukan konsentrasi alias kurang fokus.

Lain kali Anda merasa pusing, lelah atau berkunang – kunang, jangan terburu – buru minum obat atau makan. Cobalah untuk meneguk satu atau dua gelas air. Karena siapa tahu ternyata Anda sedang dehidrasi.

2.Ponsel

Manusia di abad modern, siapa yang tidak pernah terpapar ponsel. Layar biru atau blue screen yang ditampilkan ponsel dapat meningkatkan aktivitas otak sehingga membuat Anda sulit tidur karena mengurangi hormon tidur, melatonin.

Survey pada 2011 oleh National Sleep Foundation menemukan bahwa 20% peserta yang berusia 19 hingga 29 tahun, sering terbangun di malam hari dikarenakan bunyi telepon, SMS, atau email setidaknya beberapa malam dalam seminggu. Jadi, bila Anda ingin tidur pulas, segera simpan atau matikan ponsel sebelum tidur.

3.Obat - obatan

Banyak obat memiliki efek samping yang menguras energi dan membuat badan mudah lelah. Yang utama di antara mereka adalah beberapa jenis obat antidepresan dan beta-blocker tertentu yang digunakan untuk mencegah migrain atau mengobati tekanan darah tinggi.

Jika Anda memulai pengobatan baru dan badan sering cepat lelah atau terasa lebih lesu dari biasanya, kunjungi dokter untuk memastikan kondisi Anda.

4.Overtraining

Olahraga sangat baik bagi kesehatan jiwa dan raga. Tetapi, olahraga yang berlebihan atau overtraining bisa meningkatkan hormon stres, kortisol yang mengganggu tidur nyaman.

Lebih baik, terapkan saja latihan dengan intensitas ringan yang dikombinasikan latihan kekuatan seperti angkat barbel sambil berjalan – jalan pagi. Hal ini akan membantu tubuh bugar tanpa overtraining.

5.Kurang zat besi

Badan mudah lelah dan loyo? Coba cek lagi kadar zat besi di dalam tubuh. Mineral ini mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dan menghilangkan limbah dari sel-sel yag rusak.

Jika Anda tidak mendapatkan sekitar 18 miligram sehari, tubuh akan bekerja lebih keras dari biasanya dan mudah lelah. Kadar zat besi yang rendah dalam makanan juga dapat menyebabkan anemia. Jika Anda merasa lesu, temui dokter untuk tes darah sederhana atau meminum suplemen zat besi dan penambah darah.

Harapannya, berbekal tips di atas semoga Anda selalu sehat dan bugar ya!

Last modified on Tuesday, 22 January 2019 22:46

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama