Pilihan Skincare Untuk Menghadapi Musim Penghujan

By January 29, 2019 133 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Menjaga kecantikn dan keindahan kulit ketika curah hujan sedang tinggi adalah sebuah tantangan. Meskipun, kondisi udara terasa sejuk dan dingin, terkadang justru memicu masalah baru bagi kulit. Seperti kulit mudah kering, mengelupas dan gatal karena perubahan cuaca musim hujan dan lembap.

Tapi, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa pilihan perawatan rutinitas kulit alias skincare yang bisa dicoba selama musim penghujan.

1.Tabir surya

Masalah utama kulit menghadapi musim penghujan adalah polusi, kotoran, debu dan sinar UV A & UV B. Selain itu, risiko infeksi jamur pada kulit juga meningkat karena penumpukan keringat dan kotoran pada kulit.

Untuk itu, jangan sepelekan penggunaan tabir surya meskipun cuaca terlihat mendung dan sebentar lagi air hujan mengguyur. Pasalnya, sinar UVA & UVB tetap bisa menembus awan dan menyebabkan kerusakan kulit. Pilihlah jenis tabir surya yang memberikan perlindungan dari paparan sinar matahari dengan SPF lebih dari 30.

2.Toner

Mencegah kulit bersisik, terkelupas, atau kering karena efek hujan yang sering membasahi kulit (dehidrasi), pastikan untuk menerapkan toner pada kulit untuk memperbaiki kekurangan vitamin.

Toner bisa dibeli di toko obat atau toko kosmetik maupun dibuat sendiri di rumah (DIY). Caranya cukup simpel, yaitu menambahkan beberapa tetes madu dengan 2 sendok susu. Kemudian, oleskan secara merata ke wajah, tangan dan kaki untuk mengencangkan dan mengunci kelembapan alami kulit.

3.Masker delima

Kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada buah delima atau pomegranate dapat memberikan nutrisi dan menangkal serangan radikal bebas pada kulit wajah. Cukup campurkan 2 sendok makan buah delima dan 1 cangkir oatmeal mentah. Aduk, lalu tambahkan 2 sendok makan madu dan 2 sendok buttermilk.

Oleskan ke kulit wajah untuk menghilangkan sel – sel kulit mati sehingga wajah jadi lebih cerah, halus dan lembut.

4.Membersihkan wajah

Musim hujan terkadang juga membawa sejumlah masalah kulit bagi mereka yang cenderung kulit berminyak. Kelenjar sebaceous yang bertugas mengeluarkan sebum (minyak wajah) menjadi lebih aktif. Sekresi minyak dan keringat yang mengendap pada kulit dapat menjebak debu dan bakteri sehingga memicu munculnya jerawat atau komedo.

Lalu, bagaimana untuk mengatasinya? Bersihkan wajah Anda secara teratur dengan pembersih wajah yang bebas alkohol agar keseimbangan pH kulit tetap seimbang. Kemudian, oleskan tabir surya dalam bentuk gel SPF 30 untuk mengunci kelembapan sekaligus tidak meningkatkan produksi minyak wajah.

5.Mencegah stres kulit

Tekanan pekerjaan atau stres rutinitas rupanya juga berpengaruh pada masalah kulit. Selama musim hujan ada banyak bakteri yang mudah menghinggapi kulit. Gunakan dua tetes air lemon dengan air dingin untuk menenangkan kulit sekaligus membersihkan bakteri di permukaan kulit.

Terkadang, stres juga dapat memperparah masalah ketombe yang dapat menyebabkan jerawat hingga rambut rontok. Cobalah masker wajah stroberi dengan mencampur 1/2 cangkir stroberi beku atau segar dan campur dengan 1 cangkir yogurt, serta 1 1/2 sendok makan madu. Oleskan secara teratur pada wajah untuk mendapatkan kulit yang lembut, kenyal dan halus.

6.Menutrisi kulit

Sama halnya dengan tubuh, kulit juga perlu mendapatkan nutrisi dalam menghadapi musim hujan yang banyak terdapat virus bertebaran di udara. Tambahkan menu makanan yang mengandung vitamin C pada menu sehari – hari untuk menutrisi kulit dari dalam tubuh. Selain itu, vitamin C akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam menghadapi berbagai serangan virus dan bakteri.

Cobalah membuat masker wajah dari pasta apel dan ½ cangkir susu. Masker ini akan memberi nutrisi pada kulit untuk mengembalikan kilau kulit yang bercahaya.

Tetap tampil cantik dan berseri selama musim penghujan, siapa takut? Silakan coba tips – tipsnya.

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama