Fakta Tentang Wajah Jutek dan Cara Menghilangkannya

By March 5, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Si muka jutek, julukan ini mungkin banyak diterima oleh beberapa orang, khususnya wanita. Bagi mereka yang memiliki muka jutek, pasti komentar mengenai dirinya yang terlihat kurang ramah, cuek galak bahkan sinis pasti sudah biasa. Lalu apa alasan di balik itu semua?

Resting bitch face (RBF) alias si muka jutek ternyata memang benar keberadaannya. Fenomena ini telah diteliti oleh beberapa peneliti dari Amerika. Abbe Macbeth dan Jason Rogers dari Noldus Information Technology, yaitu sebuah perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak untuk menganalisis wajah para selebriti Hollywood, Amerika Serikat.

Penelitian ini dilakukan menggunakan perangkat lunak FaceReader, ia mampu membaca ekspresi manusia. Alat ini bekerja dengan cara menganalisis lebih dari 500 titik di wajah untuk mendeteksi emosi dasar manusia, yaitu sedih, marah, kaget, takut, bahagia, jijik, netral dan menghina.

Fakta yang terbukti adalah bahwa rata-rata ekspresi wajah manusia terdiri dari 97 persen ekspresi wajah netral dan 3 persennya menunjukan emosi kecil seperti kesedihan, kebahagiaan dan kemarahan. Ekspresi menghina dan meremehkan merupakan salah satu ekspresi yang ditunjukkan oleh orang berwajah jutek. Ditandai dengan isyarat kecil seperti menyipitkan mata atau menarik salah satu sudut bibir yang dianggap sebagai bentuk dari ekspresi menghina. Ekspresi menghina sendiri diartikan sebagai perasaan bahwa ada sesuatu yang patut dicemooh.

Maka pada akhirnya kesan jutek itu dihasilkan oleh fisiologi atau bentuk wajah. Jadi tak heran kalau orang yang dicap jutek memiliki ciri-ciri mata sayu, sudut bibir yang melengkung ke bawah, atau alis yang agak turun ke arah dalam hidung.

Lalu apa yang harus dilakukan jika kamu adalah salah satu orang yang memiliki wajah jutek?

Pertama, kamu harus menenangkan dirimu jika ada yang mencap kamu sebagai “si wajah jutek”. Tanamkan pada diri bahwa hal ini bukanlah suatu masalah yang besar.

Kedua, cobalah untuk tersenyum ketika bertemu dengan orang lain. Terutama orang yang kamu kenal. Hal ini mungkin sedikit sulit bagi kamu yang tidak terbiasa. Tapi percayalah, bahkan senyum yang samar pun dapat membahagiakan orang lain.

Ketiga, latihan tersenyum di depan kaca. Kamu bisa mencobanya setiap hari. Cobalah untuk bercermin sambil tersenyum, masukanlah kata-kata positif dalam dirimu. Bahwa kamu cantik jika tersenyum.

Keempat, atur nafas. Ekspresi wajah yang tidak terkontrol atau jutek terkadang muncul ketika kita dalam keadaan panik dan resah. Cobalah untuk tenang dan mengatur nafas, semua akan baik-baik saja. Lengkungkan senyum manis di wajahmu, maka senyum akan mengubah segalanya kamu akan lebih tenang.

Selamat mencoba, semoga berhasil!

Last modified on Tuesday, 05 March 2019 11:16

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama