Ini Dia Kesalahan Terbesar Saat Cuci Wajah!

Muslimahdaily - Wajah merupakan bagian tubuh yang paling terlihat dan paling mudah terekspos dengan benda-benda asing, seperti debu, polusi, sinar matahari yang berlebihan dan sebagainya. Untuk menjaga kebersihan sekaligus kecantikan, banyak dari kita yang kemudian rajin sekali mencuci wajah. Ritual kecantikan yang satu ini pun tergolong mudah dan sederhana, namun siapa sangka ternyata masih banyak yang salah dalam melakukannya.

Mencuci wajah memang disarankan, namun ada satu kesalahan besar yang bisa membahayakan wajah kamu. Bart Resnik, seorang dermatologis dan founder dari Resnik Skin Institute mengatakan bahwa mencuci wajah hingga terlalu licin dan membuat wajah terasa kesat adalah sangat salah. Hal ini karena akan membuat seluruh kelenjar minyak pada wajah menjadi hilang dan ikut terangkat. Meski minyak berlebihan pada wajah itu tidak baik, namun jika terangkat semua maka kulit wajah kamu akan kehilangan pelembab dan perisai alami kulit kamu sendiri!

Nah buat kamu yang suka sekali mencuci wajah hingga terasa kesat, harus segera ditinggalkan deh! Meski kamu merasa hal tersebut membuat kulit wajah kamu menjadi bersih, namun jika sering-sering dilakukan maka bukan tidak mungkin hal ini akan merusak wajah kamu sendiri!

Resnik mengatakan bahwa konsep mencuci wajah yang benar itu adalah mengangkat minyak berlebihan (bukan semua minyak di wajah) beserta kotoran dan debu yang menempel di wajah. Secara alami kulit kita semua memproduksi minyak. Namun saat kamu membersihkan wajah hingga begitu kesat, kulit wajah kamu bisa memerah dan iritasi. Ketika kulit kamu iritasi, akan semakin bagi kamu untuk memperbaiki dan mengganti kolagen wajah yang berfungsi membuat kulit menjadi kenyal dan sehat. Akibatnya, kulit kamu menjadi lelah, iritasi dan kemudian timbullah kerutan dan lipatan halus di berbagai area wajah. Penuaan dini pun tak akan bisa dihindari.

Tidak mau mengalami hal demikian bukan? Nah, Resnik menyarankan untuk mencuci wajah pada awal dan penghujung hari saja dengan menggunakan produk pencuci wajah yang lembut, mengandung bahan alami dan tak begitu berbusa.

Leave a Comment