Mengurangi Berat Badan dengan Metode Intermittent Fasting

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Siapa yang tak ingin memiliki berat badan yang ideal? Untuk mendapatkan bentuk tubuh impian, tidak sedikit yang rela melakukan diet, salah satunya intermitten fasting yang lagi jadi tren akhir-akhir ini. jika ingin menjajal metode untuk menurunkan berat badan, ikuti beberapa poin berikut ini.

Sebenarnya Bukan Diet

Intermittent fasting sebenarnya bukan diet, melainkan pola makan yang berfokus pada periode waktu yang mengatur kapan berpuasa dan makan. Apapun kebiasaan untuk makan nabati, rendah karbohidrat, keto, bebas gluten, atau Paleo, siapa pun dapat melakukan intermitten fasting. Hal hebat lainnya adalah memperbolehkan porsi makan lebih besar, sehingga lebih puas tapi tetap dapat menurunkan berat badan.

Tiga Metode Populer

Ada beberapa metode intermitten fasting yang berbeda. Tapi tiga yang populer adalah metode 16/8 yang melewatkan jam sarapan setiap hari dan makan selama waktu makan 8 jam, seperti dari jam 12 siang hingga jam 8 malam.

Sedangkan Eat-Stop-Eat, lakukan satu atau dua puasa selama 24 jam setiap minggu, misalnya dengan tidak makan dari makan malam sehari sampai makan malam hari berikutnya. Terakhir, 5:2 Diet yang memperbolehkan makan 500-600 kalori pada dua hari dalam seminggu, tapi makan dengan normal 5 hari lainnya.

Pengaruh pada Tubuh

Ketika kita tidak makan apa pun, tubuh mengubah beberapa hal untuk membuat energi yang tersimpan lebih mudah diakses. Ini berkaitan dengan perubahan aktivitas sistem saraf, serta perubahan besar pada beberapa hormon penting. Puasa jangka pendek menyebabkan beberapa perubahan dalam tubuh yang membuat pembakaran lemak lebih mudah, mulai dari pengurangan insulin, peningkatan hormon pertumbuhan, dan peningkatan metabolisme.

Keuntungan Melakukan Intermitten fasting

Apapun metode intermitten fasting yang dilakukan, kelebihan yang dirasakan oleh orang-orang yang mengikutinya adalah kesederhanaannya. Daripada makan lebih dari 3 kali sehari, cukup makan lebih sedikit yang membuatnya jauh lebih mudah dan sederhana untuk mempertahankan gaya hidup sehat.

Salah satu manfaat utama intermitten fasting adalah membuat makan sehat menjadi lebih mudah, sehingga diet sehat ini dapat dilakukan dalam jangka panjang. Ingin menjajal intermitten fasting? Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan metode yang terbaik untuk menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan.

Leave a Comment