Bikin Kurang Percaya Diri, Mengapa Bekas Jerawat Sulit Hilang?

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Tidak hanya menyebalkan ketika muncul dan meradang, ternyata jerawat yang sudah berlalu pun bisa menimbulkan bekas di kulit. Bekas jerawat ini bisa berupa keropeng, flek atau noda hitam, dan perubahan tekstur wajah yang menurunkan rasa percaya diri.

Menurut Ivy Lee, MD, seorang dokter kulit dan dermatologis di California, jerawat bisa dipicu karena peradangan. Namun, cara terbaik untuk menangani bekas jerawat adalah menghindari kebiasaan tertentu yang akan membuat kulit terlihat lebih mulus dan cerah tanpa bekas jerawat. Yuk, kita pelajari apa saja cara perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat yang umum berikut ini.

1. Kamu lupa memakai sunscreen atau tabir surya

Produk perawatan jerawat biasanya membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar UV. Jadi, menerapkan tabir surya merupakan langkah yang sangat penting. Kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dapat menyebabkan bekas luka jerawat semakin menghitam atau gelap.

Gunakan tabir surya dengan SPF di atas 30. Perawatan ini akan melindungi kulit dari jaringan parut atau flek hitam akibat bekas jerawat.

2. Kamu memencet jerawat

Kebiasaan memencet atau menekan jerawat ternyata dapat menyebabkan bekas noda jerawat yang sulit dihilangkan. Segala jenis manipulasi pada kulit yang berjerawat akan meningkatkan risiko perubahan warna dan jaringan parut.

Hindari memencet jerawat karena dapat menyebabkan infeksi bakteri, dan membuat jerawat semakin meradang. Alternatif yang paling baik, adalah memakai krim anti jerawat dan tunggu hingga sembuh.

3. Kamu menggosok pori – pori dengan scrub terlalu kasar

Alasan lain mengapa bekas jerawat sulit dihilangkan adalah teknik scrubbing atau eksfoliasi yang terlalu kasar. Lulur wajah atau scrubbing sebenarnya dapat mengangkat kotoran dan sel – sel kulit mati di pori – pori wajah. Tetapi, sebaiknya gunakan busa yang lembut dan mencegah jaringan parut atau goresan pada kulit.

Hindari juga eksfoliasi memakai alat logam atau alat tertentu untuk menghapus jerawat dan komedo. Manfaatkan alkohol sebelum menggunakan agar semua alat tersebut steril.

4. Kamu menggunakan waslap untuk mencuci muka

Kain waslap atau sarung tangan waslap tampaknya aman untuk mengelap atau membersihkan pori – pori wajah. Tetapi, kain ini teksturnya agak kasar dan bisa melukai kulit wajah.

Kulit merupakan penghalang dan pelindung alami tubuh, jika ingin kulit tetap sehat dan mulus, jangan mengikis lapisan ini. Sebaiknya, gunakan sabun khusus wajah yang berformulasi lembut dan aman, bahkan untuk kulit sensitif sekalipun.

5. Kamu memakai riasan tebal

Menghilangkan bekas jerawat dalam sekejap mata, tentunya riasan alias make up bisa menjadi andalan. Tetapi, semakin sering menutupi bekas jerawat dengan make up tebal, dapat mengiritasi kulit dan membuat bekas jerawat lebih serius.

Bila ingin memakai riasan sebaiknya pilih opsi bebas minyak atau non-komedogenik sehingga tetap aman dipakai untuk kulitmu.

Wah, jangan – jangan kebiasaan buruk yang kamu lakukan setiap hari menjadi salah satu alasan mengapa bekas jerawat sulit hilang. Apakah kamu merasa melakukan kebiasaan di atas?

Leave a Comment