Hidup Indah Tanpa Tekanan, Ini 5 Tips Menolong Teman Dengan Gejala Depresi

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Depresi bisa membuat kehidupan seseorang berubah 180 derajat. Masalah yang sebenarnya bagi orang normal adalah hal yang mudah diatasi, terkadang menjadi beban dan mengganggu kehidupan secara menyeluruh. Bahkan, dalam kasus yang parah, depresi akan memengaruhi aktivitas, pekerjaan, gaya hidup, cara berpikir, hingga fisik dan mental.

Gejala depresi yang ekstrim seperti temperamental dan mudah marah, tentu sangat berbahaya bagi orang lain. Bahkan, bisa menjurus pada hal negatif seperti bunuh diri dan menyakiti orang lain. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan bila menghadapi seseorang dengan gejala depresi.

1. Membuat jadwal rutin

Depresi karena masalah pribadi hingga mengganggu kejiwaan dapat diatasi secara perlahan dengan menerapkan rutinitas yang positif atau gaya hidup sehat. Ibarat ungkapan, “Dalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat”. Hal ini benar adanya.

Menurut psikiater di UCLA, California bernama Ian Cook, MD, rutinitas dapat membantu mengatasi gejala depresi. Sebagai contoh, tetapkan setiap pagi untuk berolahraga rutin mulai jam 06.00 – 07.00.

Lakukan secara teratur dengan variasi olahraga yang berbeda agar tidak jenuh. Olahraga dapat membantu menghasilkan hormon endorfin yang menawarkan rasa bahagia secara instan.

2. Makan sehat

Pola makan yang bergizi dan seimbang menjadi diet ajaib mengatasi depresi. Namun, ada baiknya untuk memperhatikan apa yang dimakan. Disarankan pasien depresi untuk menyantap hidangan ikan berlemak seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan herring, atau ikan mackarel, dan ikan sarden.

Beberapa jenis ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi asam folat untuk mengurangi depresi.

3. Cukup tidur

Depresi dapat membuat pasien sulit untuk menutup mata di malam hari sehingga kerap terjaga dan memperparah depresinya. Lalu, apa yang bisa dilakukan? Mulai dengan membuat perubahan gaya hidup.

Hindari tidur siang, dan tetap atur pola tidur yang sama setiap hari. Misalnya, tidurlah pada jam 20.00 dan bangun tidur pada jam 04.30 setiap hari. Hindari semua gangguan tidur seperti komputer atau TV di kamar agar tidur semakin berkualitas.

4. Lakukan sesuatu yang baru

Ketika depresi atau perasaan tertekan muncul, cobalah melakukan sesuatu yang berbeda agar mengubah suasana hati. Pergilah ke museum atau berjalan – jalan ke taman dan melakukan kegiatan sosial yang positif.

Menurut Ian Cook, sebenarnya ketika kita menantang diri untuk melakukan sesuatu yang berbeda, ada perubahan kimiawi di otak. Mencoba sesuatu yang baru akan meningkatkan zat dopamin di otak yang berhubungan dengan kesenangan dan kenikmatan.

5. Mencoba bersenang – senang

Kesenangan atau kebahagiaan tidak perlu dicari. Jika temanmu mengalami depresi, luangkan waktu untuk melakukan hal – hal yang disukai atau hobi. Jangan ragu untuk mencoba kegiatan yang disukai. Entah itu memasak, berkemah, menonton film dan sebagainnya. Obat terbaik untuk membantu teman yang depresi adalah dukungan dan semangat dari orang – orang terdekat yang selalu ada mendampingi dan menemani.

Pada waktunya, temanmu akan mulai menyadari bahwa dengan sedikit rasa syukur memiliki orang terdekat di sisinya, depresi akan lenyap tak pernah kembali lagi.

Last modified on Senin, 22 April 2019 06:26

Leave a Comment