5 Tips Tetap Bugar dan Tidak Ngantuk Saat Shalat Tarawih

By May 9, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Ramadhan telah tiba! Bulan yang suci dan mulia ini harus disambut dengan semangat berapi – api dan persiapan yang fokus. Tidak hanya menjalankan ibadah puasa di siang hari, di malam hari umat Muslim juga disunnahkan menjalankan ibadah sholat Tarawih. Suasana masjid begitu riuh dan sesak.

Anak – anak berlarian dengan gembira selepas berbuka puasa. Suara salam “assalamualaikum..” bergema di udara menandakan jamaah yang mulai berduyun – duyun mendatangi masjid atau mushola.

Selepas puasa yang panjang, seringkali kita mudah mengambil banyak makanan atau minuman hingga kenyang. Alhasil, ibadah sholat tarawih jadi terganggu karena mata yang mengantuk dan menguap setiap menit. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut tips yang bisa kamu coba.

1.Ingatkan diri sendiri, momentum tarawih hanya terjadi setahun sekali

Karena malas atau kekenyangan, terkadang tak sedikit orang yang tidak sholat tarawih. Toh hukumnya hanya sunnah. Padahal, hadits yang diriwayatkan oleh Sahih Bukhari, dari Abu Huraira, Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda tentang Ramadan, "Barangsiapa yang berdoa di malam hari (bulan Ramadhan) dari Iman yang ikhlas dan mengharapkan ganjaran dari Allah, maka semua dosa-dosa sebelumnya akan diampuni. "(Sahih Bukhari).

2.Pergi ke masjid bersama keluarga atau teman

Rasa kenyang selepas berbuka puasa, mungkin membuatmu jadi mengantuk dan malas sholat taraweh. Tetapi, dengan dukungan dari teman – teman atau keluarga, kamu bisa termotivasi untuk berangkat bersama.
Pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat tarawih berjamaah akan menambah semangat dan rasa kantuk pun jadi hilang.

3.Pergi ke masjid lebih awal

Jangan tidur – tiduran atau berbaring selepas berbuka puasa. Segera ambil wudhu dan pergi ke masjid. Ini akan memastikan kamu tiba di masjid tanpa terengah – engah atau kelelahan dan mengantuk. Sembari menunggu adzan isya’, kamu bisa membaca Al Quran atau berdzikir.

4.Hindari kekenyangan saat berbuka puasa

Kita semua memahami bahwa seharian berpuasa membuat rasa lapar tak bisa dibendung. Melihat beragam makanan lezat terhidang di meja makan, seolah kamu tak mau berhenti mengunyah.

Tetapi, bagaimana pun juga hal ini bertentangan dengan sunnah Rasul. Hindari makan kekenyangan sebelum sholat tarawih agar kamu tidak mengantuk. Bagilah sepertiga dengan air, sepertiga makanan dan sepertiga udara. Makanlah kurma saat membatalkan puasa dan makanlah makanan lain selepas sholat tarawih.

5.Bawa sebotol air minum

Jadikan sebotol air minum sebagai teman pendamping sholat tarawih. Bisa jadi, sensasi rasa mengantuk berasal dari syetan sebagai makhluk terbuat dari api. Oleh karena itu, bawalah sebotol air untuk menyegarkan badan dan menghindari rasa kantuk ketika tarawih.

Bila kamu masih mengantuk, segera ambil wudhu dan basuh muka hingga belakang leher. Di belakang leher ada jutaan sel syaraf dan otot yang akan kembali segar dan “melek” setelah dibasuh dengan air. Jadi, kamu bisa melaksanakan sholat tarawih dan terbebas dari rasa kantuk. Selamat mencoba tipsnya ya.

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama