Berat Badan Seimbang dan Sehat, Coba 5 Tips Bagi Kamu yang Diet Saat Puasa

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Ramadhan bisa memberikan banyak manfaat kesehatan bagi setiap orang yang menjalankan ibadah puasa. Tidak terkecuali, buat kamu yang sedang merancang pola makan agar menjaga berat badan yang sehat dan proporsional. Selama 30 hari menahan diri dari makanan dan minuman selama waktu subuh hingga maghrib, tubuh akan mengalami perubahan drastis dalam mencerna nutrisi makanan.

Tetapi, dengan pola perencanaan diet makan yang benar, kamu bisa menjalani ibadah puasa dengan baik sekaligus menjaga berat badan yang seimbang selama Ramadhan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti untuk membantu memiliki berat badan yang sehat dan ideal saat berpuasa.

Kalori

Pantau kadar kalori ketika berbuka puasa atau sahur. Kamu mungkin bisa saja “kalap” karena rasa lapar sepanjang hari. Untuk mengurangi kalori, cobalah mengurangi asupan makanan yang terlalu manis, tinggi karbohidrat atau berlemak.

Sebaliknya, perbanyak buah – buahan dan sayuran, memperbanyak minum air putih, dan karbohidrat kompleks yang akan membuatmu tetap makan sedikit tapi terasa kenyang dalam waktu yang lama.

Sahur

Penting untuk memastikan makanan yang sehat terutama pada waktu makan sahur. Untuk menjaga stamina dan energi tetap tinggi, sertakan karbohidrat kompleks seperti gandum, kentang, lentil, ubi dan nasi merah. Kamu juga perlu mengonsumsi lebih banyak serat seperti jus buah atau jus sayuran.

Buka Puasa

Berbuka puasa dengan kurma dan air akan menghidrasi tubuh. Hindari makanan yang digoreng (gorengan), makanan tinggi gula / tinggi lemak dan makanan matang tinggi lemak dalam makanan Anda.

Selama Ramadhan fokus terutama pada mencapai diet seimbang yang mencakup jumlah nutrisi, garam dan air yang cukup. Asupan makanan dan cairan seimbang di sahur dan berbuka memainkan peran penting dalam membantu mencapai gaya hidup sehat yang dapat diteruskan ke bulan-bulan setelah Ramadhan.

Buka bersama teman

Akan ada momen di mana kamu mendapat undangan berbuka puasa bareng teman atau pergaulan sosialmu. Mungkin sulit memilih menu restoran yang sehat karena kebanyakan tinggi lemak dan kalori.

Bila mungkin, pilih menu yang banyak mengandung protein dan sayuran hijau. Misalnya, salad, gado – gado, ikan, daging, dll.

Tetap berolahraga

Meski berpuasa bukan berarti kamu bebas bermalas – malasan atau menghapus olahraga selama Ramadhan. Kamu masih bisa berolahraga selama 2 – 3 jam sebelum berbuka puasa.

Dengan begitu, tubuhmu tetap fit dan bugar meski sebulan menjalankan ibadah puasa. Bila tidak ingin berolahraga terlalu berat, lakukan jenis olahraga ringan seperti yoga, berjalan – jalan di sekitar rumah atau berlari di atas alat treadmill.

Leave a Comment