Sedang Galau, 5 Hal Yang Bisa Membuat Kamu Kembali Bahagia

By June 19, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Setiap orang pasti pernah merasakan dilema. Berada di tengah persimpangan keputusan yang sulit sehingga merasakan galau. Menurut Maria Hennessy, dosen psikologi di Universitas James Cook, mengembalikan kebahagiaan itu berasal dari diri sendiri.

Bukan mencari bahagia, tetapi bagaimana kita membuat sendiri kebahagiaan itu dengan psikis yang senantiasa positif. Berikut adalah 5 hal yang bisa membuat hidup Anda akan kembali disinari rasa kebahagiaan:

1.Pelajari sesuatu yang baru

Pakar psikologi positif, belajar bisa membuat Anda merasakan kebahagiaan. Hal ini akan membangun kepercayaan diri dan rasa penerimaan terhadap diri sendiri. Menurut penelitiannya, kebahagiaan akan meningkat seiring dengan rasa ingin tahu Anda yang terpenuhi dan mempelajari sesuatu yang Anda sukai. Bukan yang apa Anda pikirkan. Misalnya, Anda bisa mengikuti kursus singkat online tentang topik memasak, merajut, crafting dan sebagainya. Ada banyak video tutorialnya gratis.

2.Melakukan kegiatan yang kreatif

Daripada galau, libatkan diri Anda dalam kegiatan kreativitas yang sederhana. Seperti berjalan – jalan di sekitar taman atau tempat tinggal, berolahraga, mendaki gunung atau memberikan bantuan sosial ke panti wreda berupa jasa Anda mengibur dan menemani mereka untuk sehari. Tahukah Anda, jika Anda bisa membuat orang lain tersenyum, Anda akan merasakan kebahagiaan pula.

3.Kenali kekuatan Anda

Penelitian yang dilakukan oleh Seligman melaporkan bahwa orang yang mengenali kekuatan dirinya memiliki kepuasan hidup yang sangat tinggi dalam jangka panjang.

Tuliskan di atas kertas mengenai apa dan kapan Anda merasa sangat bangga terhadap diri Anda. Kekuatan pribadi apa yang Anda perlihatkan? Pikirkan 3 tempat dan waktu di mana Anda bisa menggunkan kekuatan Anda.

4.Makan cokelat hitam

Sudah bukan rahasia umum, menurut banyak penelitian makan cokelat hitam atau 70% kakao bisa memberikan sensasi rasa kebahagiaan dalam sekejap. Hal ini berkaitan dengan senyawa endorfin yang ditawarkan oleh cokelat hitam ketika Anda memakannya. Sinyal di otak akan melepaskan hormon yang memberikan rasa bahagia dan mengurangi rasa nyeri.

5.Berbincang dengan teman

Manusia adalah makhluk sosial, bukan? Penelitian lain menunjukkan jika Anda memiliki teman – teman yang lokasinya dekat dengan rumah Anda, Anda akan memiliki usia yang lebih panjang.

Hubungan sosial ternyata dapat meningkatkan kebahagiaan kita. Tetapi, kenalan terdekat atau tetangga yang baik juga akan menghiasi kehidupan kita dengan kebahagiaan. Untuk apa kita memilih kesepian atau galau, ketika ada banyak orang – orang atau teman – teman baik di sekeliling kita?

Jadi, kapan saja Anda merasa galau, ke luar rumah untuk mendapatkan sinar mentari yang hangat dan sapalah tetangga atau teman – teman Anda. Kebahagiaan akan muncul dengan sendirinya. Selamat mencoba!

 

Last modified on Wednesday, 19 June 2019 08:22

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama