Benarkah Keramas Saat Menstruasi Bisa Menyebabkan Sakit Kepala?

By June 25, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Kendati kerap hadir sebagai tamu bulanan yang datang berkala, masih saja banyak hal seputar menstruasi yang menjadi misteri bagi sebagian besar wanita. Ditambah dengan beberapa budaya yang seolah – olah membicarakan tentang menstruasi adalah hal yang tabu, semakin mendorong wanita dalam informasi yang keliru.

Beberapa dekade terakhir, wanita di era milenial semakin “melek” terhadap informasi kesehatan dan menstruasi yang beredar. Pertanyaan umum yang muncul di antaranya sepeti benarkah keramas ketika menstruasi bisa menyebabkan sakit kepala? Mari kita lihat ulasan selengkapnya berikut ini.

Benarkah Keramas Bisa Menyebabkan Sakit Kepala?

Sama sekali tidak ada alasan untuk tidak mencuci rambut, mandi atau bahkan mandi air dingin maupun air hangat selama datang bulan.

Faktanya, mandi air hangat saat menstruasi justru menjadi hal yang baik. Karena, dapat meredakan nyeri haid atau kram saat menstruasi dan ketegangan otot rahim pramenstruasi.

Bila kamu merasa sakit kepala atau pusing setelah keramas, bisa jadi karena sebelumnya sudah dipicu oleh penyebab lain. Seperti kelelahan, dehidrasi, anemia, dan sebagainya. Jadi, penyebab sakit kepala, bukan karena mencuci rambut atau keramas, melainkan adanya faktor lain.

Bolehkah Berenang Saat Menstruasi?

Selain keramas atau mencuci rambut, banyak wanita yang sedang haid takut untuk berenang. Padahal, menurut ahli medis, berenang saat haid cukup aman. Kemungkinan, mitos ini dimulai di masa lalu karena belum ada pembalut wanita atau menstrual cup. Banyak wanita yang takut kolam renang akan tercemar karena berenang tanpa perlindungan. Namun, dengan memakai menstrual cup atau pembalut yang bersih, tentu akan lebih aman.

Mitos lain tentang serangan hiu saat berenang karena mencium aroma darah wanita ketika haid juga hanya legenda urban yang tidak dapat dipastikan kebenarannya.

Bolehkah Berolahraga Berat Selama Haid?

Mitos lain yang sama sekali tidak boleh dipercaya adalah wanita haid dilarang berolahraga berat selama haid. Masih menganut kepercayaan lama tentang wanita haid identik dengan wanita yang sedang “sakit”. Padahal, menstruasi yang dialami wanita adalah siklus yang normal dan menunjukkan indikasi bahwa organ reproduksi berjalan seperti seharusnya.

Di masa lalu, wanita yang sedang haid tidak boleh ke luar rumah atau dipingit, namun di masa sekarang tentunya wanita bebas melakukan apa saja saat menstruasi. Faktanya, olahraga secara teratur juga membantu mengurangi kram atau nyeri haid yang menyakitkan. Kamu bisa minum obat anti-inflamasi jika kram menstruasi membuatmu sulit berolahraga.

 

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama