Mengenal Metode Jurus Sehat Rasulullah (JSR) dari dr. Zaidul Akbar

By June 27, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Agama Islam merupakan agama rahmatan lil alamin. Di dalamnya, telah diatur berbagai hal termasuk tentang menjaga kesehatan. Bahkan, dipraktekkan langsung oleh teladan kita, rasulullah Muhammad shalallahu alaihi wasalam.

Mengadopsi gaya hidup sehat ala Rasulullah, dr. Zaidul Akbar seorang praktisi kesehatan merilis jurus sehat Rasulullah atau yang dikenal dengan istilah JSR. Berikut adalah beberapa metode JSR yang diperkenalkan oleh dr. Zaidul Akbar:

1. Menjaga pola makan

Menurut dr. Zaidul Akbar, apa yang masuk ke dalam tubuh kita sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Beliau menyebutkan dalam Al-Quran surat A’basa ayat 24 – 32. Di antaranya menyebutkan yang artinya,”Maka hendaklah manusia itu memerhatikan makanannya.”

Maka, ada beberapa hal yang seharusnya diperhatikan yaitu makanan yang kita konsumsi harus halal dan suci (thayyib), tidak memberikan efek samping negatif pada tubuh, dan berhenti sebelum kenyang alias makanlah secukupnya. Disarankan agar mengonsumsi 1/6 protein hewani, 1/6 biji – bijian, dan ¼ sayur dan buah. Metode ini kerap juga dikenal sebagai diet ABASA.

2.Mencegah tubuh dari unsur yang negatif

Makanan yang mengandung bahan kimia seperti pengawet, pewarna, perasa, penyedap dan sebagainya, jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat mengakibatkan berbagai penyakit. Sebaiknya, baca label kemasan sebelum mengonsumsi atau membelinya.

Dr. Zaidul Akbar sangat merekomendasikan jenis makanan alami yang ditumbuhkan di atas tanah dan mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Jenis makanan “real food” ini sangat baik untuk tubuh. Perbanyak makan buah dan sayur, protein nabati, serta mengganti nasi putih dengan nasi merah. Kemudian, ganti gula pasir dengan gula aren dan ganti garam meja dengan garam Himalaya.

3.Detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh

Dr. Zaidul Akbar menyarankan untuk melakukan puasa secara teratur untuk mengeluarkan zat – zat racun dari dalam tubuh seperti bahan kimia dari makanan olahan atau produk – produk kimia yang digunakan dalam kehidupan sehari – hari.

Bahkan, ketua Asosiasi Bekam Indonesia ini sangat merekomendasikan proses Bekam seperti yang dilakukan rasulullah untuk mengeluarkan zat – zat beracun dan darah kotor dari dalam tubuh. Minumlah seduhan rempah setiap hari seperti jahe, kencur, kunyit, dll yang sudah terbukti kaya antioksidan dan dapat menangkal zat – zat beracun.

Mudah bukan, jurus sehat rasulullah ala dr. Zaidul Akbar? Yuk, coba praktekkan!

Last modified on Thursday, 27 June 2019 13:14

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama