Kembali Mulus dan Berseri, Ikuti 5 Langkah Menangani Wajah Breakout

By June 29, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Banyak hal yang bisa menyebabkan breakout. Beruntusan wajah yang menimbulkan noda atau flek hitam ini sangat mengganggu penampilan. Umumnya, terjadi karena kebiasaan rutinitas perawatan wajah yang salah atau keliru menerapkan produk perawatan wajah.

Selain itu, perubahan hormon, stres dan obat juga bisa memicu munculnya breakout di wajah yang tidak sedap dipandang. Untungnya, menurut ahli medis, breakout bisa datang dan pergi tiba – tiba alias bersifat sementara. Kamu bisa mempercepat hilangnya breakout dengan beberapa tips menangani wajah breakout agar kembali mulus dan berseri berikut ini.

Langkah 1
Setiap pagi setelah bangun tidur, bersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah khusus. Sabun muka ini sebaiknya berbusa (foam), bebas minyak, dan mengandung asam salisilat. Bahan asam salisilat dapat menghilangkan noda dan membantu mengangkat sel – sel kulit mati dari penumpukan pori – pori yang memicu lebih banyak jerawat.

Pakai gerakan memutar untuk meratakan sabun pembersih wajah selama minimal 1 menit. Bilas dan keringkan wajah dengan cara ditepuk – tepuk memakai handuk.

Langkah 2
Oleskan krim benzoil peroksida ke seluruh wajah dan oleskan sedikit ke bagian jerawat agar cepat mengering. Biarkan krim meresap selama 1 – 2 menit sebelum melanjutkan ke perawatan wajah berikutnya.

Langkah 3
Ratakan pelembab bebas minyak ke wajah yang mengandung tabir surya dan tidak menyumbat pori-pori. Produk jerawat dapat mengeringkan kulit, sehingga memakai pelembab setiap hari akan membantu memerangi iritasi, kemerahan serta kulit mengelupas.

Bahan-bahan untuk melawan flek hitam juga dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap matahari. Terapkan juga tabir surya setiap hari ke wajah dan leher, terutama sebelum ke luar rumah di siang hari.

Langkah 4
Sebelum tidur atau sore hari, cucilah wajah dengan sabun pembersih wajah yang mengandung asam salisilat. Keringkan dengan handuk, kemudian oleskan losion yang mengandung 10% asam glikolat untuk melawan jerawat dan menyingkirkan sel kulit mati. Oleskan juga beberapa tetes ekstra langsung ke bagian yang berjerawat.

Langkah 5
Pakailah masker belerang atau masker favorit Anda setidaknya satu atau dua kali seminggu untuk membersihkan bakteri dan pori – pori kulit. Produk ini akan memberikan perawatan eksfoliasi kulit hingga lapisan terdalam. Ratakan lapisan tipis produk masker ke seluruh wajah yang sudah dibersihkan. Hindari area mata dan biarkan selama 10 – 15 menit. Bilas wajah hingga bersih.

Hal lain yang patut diperhatikan adalah jika kondisi breakout pada wajah semakin serius setelah perawatan di rumah, segera berkonsultasi dengan dokter kulit Anda.

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama