Tips Jitu Menaikkan Berat Badan Untuk Si Kurus

By July 21, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Kamu merasa banyak makan, tetapi tubuh tetap kerempeng dan berat badan tak kunjung naik? Sudah pasti, banyak teman – temanmu yang bakal iri. Kamu bebas makan apa saja, tetapi tubuhmu tetap saja tidak mudah gemuk.

Meski terdengar menyenangkan, tetapi sangat penting bagi kamu menjaga berat badan yang ideal. Bila indeks massa tubuh atau BMI kamu terlalu rendah dari 18,5 berarti kamum termasuk kurus. Sebelum melakukan jenis diet tertentu sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Lalu, coba ikuti beberapa tips menaikkan berat badan dengan aman berikut ini yaa...

1. Makan Lebih Sering

Jika biasanya kamu makan sehari hanya 3 kali (sarapan pagi, makan siang dan makan malam), kali lain cobalah untuk makan 5 – 6 porsi setiap hari. Yaitu 3 kali makan besar, dan 2 kali makan camilan atau selingan.
Jika kamu makan dengan porsi sedikit tetapi sering, kamu bisa berpeluang mendapatkan lebih banyak kalori yang akan menaikkan berat badan.

2. Minum Susu

Bila ingin badan cepat gemuk atau menambah berat badan, cobalah untuk meminum susu secara teratur. Akan lebih baik, minum susu full cream atau smoothie sayuran segar.
Hindarilah soda diet, kopi dan teh yang justru akan mengikat kalori dan nutrisi tubuh sehingga mencegah kenaikan berat badan.

3. Hindari Junk Food

Meskipun kamu ingin menambah asupan kalori, tapi bukan berarti mengonsumsi junk food atau kalori “kosong” ya. Makanan ini mengandung banyak garam, gula dan lemak yang tidak baik bagi kesehatan.
Sebaiknya, usahakan agar tetap mengonsumsi jenis makanan bergizi seperti buah, susu, daging, kacang-kacangan, dan sayuran tertentu agar bisa membantu menambah berat badan dengan cara yang lebih sehat.

4. Pilih Makanan Sehat

Tidak semua buah dan sayuran rendah kalori. Ambil buah padat kalori sehat seperti mangga atau alpukat. Kemudian, sayuran berpati seperti kentang dan jagung. Sementara itu, ikan salmon juga sangat baik menambah asupan protein sehat dan lemak sehat untuk menambah berat badan.

5. Minumlah Pada Waktu yang Tepat

Jika kamu meminum banyak air sebelum makan, kamu mungkin akan lebih cepat kenyang dan sedikit mengonsumsi makanan. Maka dari itu, sebaiknya minumlah air setelah makan atau tunggu 30 menit setelah makan.

6. Latihan untuk Membangun Otot

Berat badan naik diiringi otot yang terbentuk, sudah pasti membuat kamu makin sehat. Jadi, tambahkan sesi olahraga dalam rutinitas seperti yoga, push up, sit up, latihan beban atau jogging untuk membantumu semakin mudah menambah berat badan.

Umumnya, orang yang rajin berolahraga dan membakar kalori akan lebih mudah lapar dan makan lebih banyak. Bicarakan dengan dokter tentang jenis olahraga terbaik yang bisa menambah berat badan. Selamat mencoba ya!

Last modified on Sunday, 21 July 2019 03:50

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama