5 Gangguan Jiwa Yang Tanpa Sadar Sering Kamu Alami

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Tingkat kepedulian akan kesehatan jiwa di Indonesia masih tergolong rendah sehingga terkadang gangguan jiwa tidak tertangani dengan baik. Bahkan, cenderung diacuhkan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat bahwa sekitar 450 juta orang di dunia mengalami gangguan mental. Hampir satu juta orang melakukan bunuh diri setiap harinya.

Tanpa disadari, ternyata ada beberapa hal yang bisa menandakan bahwa seseorang memiliki gangguan jiwa. Penyebab gangguan jiwa tersebut bisa dari berbagai hal. Mulai dari hal-hal kecil atau sesuatu yang dilakukan secara berlebihan.

Berikut ini lima gangguan jiwa yang tanpa disadari sering dialami oleh banyak orang.

1.Kecemasan Berlebihan (Anxiety Disorder)

Cemas merupakan hal wajar bagi setiap orang. Namun, rasa cemas yang terlalu berlebihan tanpa disadari bisa termasuk ke dalam gangguan jiwa. Kecemasan berlebihan atau Anxiety Disorder terjadi ketika seseorang terlalu mengkhawatirkan sesuatu. Biasanya orang yang mengalami kecemasan berlebihan ini akan memiliki tanda seperti tangan yang gemetar, perut mual, pusing, keringat berlebihan, jantung berdetak cepat, dan lain sebagainya.

2.Narsistik

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa narsis termasuk dalam gangguan jiwa. Dilansir dari cnnindonesia.com, Narscissistic Personality Disorder (NPD) atau yang disebut juga narsistik adalah gangguan psikologi ketika seseorang memiliki rasa percaya diri dan rasa kagum secara berlebihan terhadap dirinya sendiri. Tanpa disadari, Narsistik ini sering terjadi ketika kamu sedang berswafoto. Rasa kagum dengan diri sendiri yang berlebihan akan menimbulkan efek kecanduan saat berswafoto.

3.Kesedihan Yang Berkepanjangan

Sedih ketika ditinggal orang tersayang atau sedih ketika tidak bisa mencapai sesuatu tujuan merupakan hal yang sering terjadi. Namun, ketika kamu sedih hingga berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu hal tersebut bisa termasuk dalam gangguan jiwa. Biasanya, orang yang termasuk dalam gangguan ini memiliki kesedihan berkepanjangan mencapai 1-2 minggu.

4.Menangis Tanpa Sebab (Hypoprenia)

Hypoprenia merupakan suatu gangguan di mana seseorang menangis tanpa sebab yang jelas. Biasanya orang yang menangis tanpa sebab memiliki beberapa gejala. Misalnya, secara tidak sadar merasa sedih tiba-tiba hingga meneteskan air mata, perubahan suasana hati, perilaku, dan tutur kata.

5.Erotomania (Sindroma de Clerambault)

Dikutip dari sociolla.com, Erotomania merupakan gangguan jiwa berupa rasa suka terhadap seseorang namun hanya berdasarkan keyakinan diri sendiri saja. Hal yang paling berbahaya pada penderita erotomania ini yaitu, dia akan menguntit orang yang sedang disuka tersebut. Tidak peduli hal itu dapat membahayakan orang lain.

Wah, mengerikan bukan sahabat muslimah? kamu boleh saja merasakan atau melakukan sesuatu. Namun, lakukan dalam batas wajar dan jangan terlalu berlebihan, ya. Karena yang berlebihan itu justru tidak baik untuk jiwa kamu sendiri.

Last modified on Selasa, 30 Juli 2019 03:19

Leave a Comment