5 Cara Ampuh Atasi Wajah Berminyak

By July 30, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Banyak melakukan aktifitas luar ruangan tentu akan memicu kulit wajah memproduksi keringat dan minyak. Kulit wajah yang berminyak seringkali akan membuat wajah terlihat kusam dan bahkan akan menimbulkan jerawat.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut 5 cara cepat dan ampuh atasi kulit berminyak :

1.Temukan Cleanser Terbaik

"Banyak orang berpikir bahwa mencuci muka atau menggunakan produk jerawat membuat kulit menghasilkan lebih banyak minyak, sehingga mereka menghindarinya," kata Jessica Wu, MD, asisten profesor dermatologi klinis di University of Southern California Medical School, seperti dilansir dari laman everydayhealth.com.

Menurutnya, Kelenjar minyak akan menghasilkan jumlah minyak yang sama terlepas dari bagaimana orang itu memperlakukannya di luar. Mencuci wajah saja tidak akan berhasil.

Jika kamu mencuci wajah dengan produk yang telalu keras, ternyata itu akan menghilangkan minyak yang bermanfaat untuk membuat kulit terlihat sehat dan berembun. Tipsnya adalah jangan menggunakan pembersih lebih dari dua kali sehari.

Cobalah untuk mencari pencuci muka yang mengandung asam salisilat, kandungan tersebut akan membantu menyerap minyak pada wajah.

2.Pelembab Untuk Hydrating Kulitmu

Fenomenanya adalah banyak orang dengan kulit berminyak menghindari penggunaan pelembab karena menurut mereka akan tambah terlihat kusam dan berminyak. Tetapi ternyata kulit seseorang masih bisa kering dan bahkan jika dia adalah tipe kulit berminyak sekalipun. Jadi menghindar dari pelembab bukanlah solusi yang tepat. Karena itu akan menimbulkan kekeringan bahkan irirtasi pada kulit berminyak.

Jacobs pendiri June Jacobs Collection merekomendasikan pelembab ringan yang mengandung asam hyaluronic dan solusi alami seperti ekstrak kulit lemon, yang memiliki sifat astringen dan antibakteri.

Carilah formula non-comedogenic yang tidak akan menyumbat pori-pori ini berguna untuk mengatasi kekhawatiran bagi mereka yang memiliki kelenjar sebum yang terlalu aktif. Jika kamu masih belum percaya dan sudah mengalami pengalaman yang buruk tentang pelembab, Dr. Wu menyarankan untuk melembabkan titik-itik dimana kamu membutuhkannya saja. Dia merekomendasikan lotion bebas minyak, gel atau serum daripada krim berat.

3.Jauhkan Tangan dari Wajah

Kulit berminyak memang merupakan salah satu penyebab kulit berjerawat, karena sebum merupakan pemicu jerawat. Jerawat atau komedo datang biasanya tangan akan usil untuk memencet dan memerasnya karena frustasi.

Untuk mencegah minyak dan noda gunakan toner setelah pembersihan yang memiliki sifat antibakteri dan menyerap minyak serta menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran pada permukaan wajah. Carilah bahan-bahan seperti asam laktat, glikolat atau salisilat untuk membantu mengelupaskan kulit dan menjaga pori-pori tetap bersih.

4.Menjaga Pola Makan

Satu mitos umum adalah bahwa makanan berminyak menyebabkan kulit berminyak. Namun ternyata Tidak demikian, menurut Dr. Wu. "Bahkan, beberapa jenis minyak, seperti minyak ikan [yang tinggi omega-3 asam lemak] telah terbukti membantu mengurangi jerawat, karena mereka memiliki sifat anti-inflamasi," ujarnya.

"Di sisi lain, produk susu, makanan bergula dan karbohidrat olahan seperti muffin, roti dan pasta telah dikaitkan dengan jerawat yang lebih buruk." Selain menghindari makanan pemicu ini, dia menyarankan makan makanan kecil untuk menjaga gula darah stabil, yang akan membantu mengurangi produksi minyak dan pori-pori tersumbat.

5.Gunakan Blotting Sheets (Kertas Minyak)

Ketika wajah sudah terlihat berminyak, kebanyakan orang akan menambalnya dengan bedak. Tapi menurut Dr. Wu ternyata hal ini akan menyebabkan lebih banyak masalah dan membuat make up menjadi berantakan.

Solusinya adalah kamu bisa memakai blotting sheets atau kertas minyak. Blotting sheets menyerupai kertas tisu dan dapat menyerap minyak tanpa mengganggu riasan Anda. Ini adalah cara yang paling mudah dan cepat untuk menangani kulit berminyak. Kamu bisa membelinya di berbagai supermarket terdekat dengan harga yang terjangkau.

Sekian tips untuk mengatasi kulit berminyak. Bagi kamu yang memiliki wajah berminyak. Selamat mencoba!

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama