Yuk, Kenali Tanda SPF dan PA Dalam Sun Screen!

By August 14, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Sun screen menjadi hal yang paling penting dalam rangkaian perawatan kulit wajah. Produk sun screen memiliki bentuk yang beragam, mulai dari lotion, gel, spray, foam atau stick. Seperti namanya, sun screen berfungsi sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari langsung.

Sebelum memilih produk sun screen, pasti kamu akan melihat angka SPF dan PA yang tertera dalam kemasan. Kamu akan cenderung memilih sun screen yang memiliki angka SPF tinggi karena proteksinya lebih maksimal dalam menangkal sinar matahari. Namun, apa sih sebenarnya arti kode SPF dan PA dalam sun screen yang sesungguhnya? Yuk simak.

SPF

Sun Protection Factor atau SPF merupakan indikator yang menentukan seberapa baikkah sun screen dapat melindungi kulitmu dari sinar Ultra Violet B (UVB). Jika kamu terpapar sinar UVB terlalu lama, kulit dapat terbakar dan merusak melanin sehingga kulit akan menggelap.

Angka dalam SPF adalah penentu seberapa lama kamu dapat berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar saat menggunakan sun screen tersebut. Namun, kembali pada tipe kulit masing-masing. Misalnya, yang berkulit terang akan terbakar setelah 10 menit jika terpapar sinar matahari. Orang berkulit sedang atau sawo matang akan terbakar setelah 15 menit.

Yang berkulit gelap akan terbakar setelah 20 menit. Maka, perhitungannya adalah Tingkat SPF x berapa lama kulit terbakar = Lama efek SPF bertahan pada kulit. Contohnya, sun screen dengan SPF 10 x 15 menit untuk yang memiliki kulit sedang atau sawo matang.

Maka, selama 150 menit kulit dapat bertahan dari terbakarnya sinar matahari jika menggunakan sun screen. Tingginya angka dalam SPF dapat memberikan perlindungan lebih baik dari risiko kerusakan kulit. Sedangkan, semakin kecil tingkat SPF mengharuskan kamu untuk lebih sering mengaplikasikan ulang produk sun screen.

PA

PA merupakan singkatan dari Protection Grade of UVA. Ya, fungsi dari PA adalah melindungi kulit dari paparan sinar UVA sehingga kulit terhindar dari dampak buruk jangka panjang, seperti tanda-tanda penuaan dan kanker kulit.

Dalam produk sun screen biasanya PA tertera dengan tanda plus sebagai tanda level atau tingkatan proteksi yang tersedia. Semakin banyak simbol plus maka semakin tinggi tingkat proteksi di dalamnya.

Itulah arti dari kode SPF dan PA dalam sun screen. Pilihlah produk dengan tingkat SPF juga PA yang sesuai dengan tipe kulit dan jenis aktivitas yang kamu lakukan.

Aplikasikan sun screen 10–15 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Jangan lupa untuk mengulangi pemakaian kembali sesuai jumlah SPF yang terdapat di dalam sun screen yang kamu gunakan, ya.

Last modified on Wednesday, 14 August 2019 06:07

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama